Khusus BBN-KB 1 dan Mutasi Masuk Kendaraan, Samsat Tetap Melayani

BATAM – Hasil rapat tim pembina Samsat yang dihadiri Dirlantas Polda Kepri, Kepala BP2RD Kepri dan juga Jasa Rahardja Kepri terkait kondisi pelaksanaan WFO dan WFH dilingkungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk menjaga sistem pelayanan masyarakat Samsat Kepri tetap dibuka khususnya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor 1 (BBN-KB 1)  serta mutasi masuk kendaraan.

Sedangkan untuk pajak tahunan, masyarakat dihimbau untuk melakukan pembayaran melalui e-Samsat terkait jam dan waktu pelayanan Samsat hanya buka pada hari Senin dan Kamis dari jam 08.00 – 12.00 WIB sampai dengan normalnya kondisi Covid-19 di Kepri.

Kepala Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Reni Yusneli memastikan jika pelayanan Samsat tetap dibuka. Kantor Samsat sudah kembali dibuka setelah sebelumnya sempat ditutup. Kantor Dirlantas Polda Kepri. Rabu (7/4/2020).

Disebutkan Reni, beroperasionalnya kembali kantor Samsat setelah ada persetujuan dari jajaran Dirtlantas Polda Kepri dan Jasa Raharja Kepri.

Namun untuk layanan Samsat keliling dan beberapa samsat outlet juga masih ditutup untuk sementara waktu.

“Untuk wajib pajak yang akan membayar pajak kendaraan tahunan, Saya menyarankan agar membayarkannya melalui pembayaran e-samsat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan massa di kantor Samsat induk,” ungkap Reni

Tambahnya, untuk mencegah penyebaran COVID-19, Reni Yusneli juga menghimbau jika setiap warga yang akan mengurus pajak kendaraan di samsat diharuskan menjalani protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun di tempat cuci tangan dan juga hand sanitizer.

Ditempat yang sama juga, Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Mujiono berharap wabah Covid-19 ini agar cepat selesai serta kondisi ekonomi nomal kembali “kami berharap juga tingkat kecelakaan di jalan akan semakin berkurang dan tentunya langkah-langkah yang diambil baik dari Kepolisian dan BP2RD Kepri kami dukung penuh,” ungkap Mujiono. (*)