Lukita: Saya dan Basyid Diberikan Nomor Terbaik

BATAM – Kali ini dua bos Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah resmi akan bertarung pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Batam 2020. Mereka adalah Lukita Dinarsyah Tuwo dan Muhammad Rudi.

Lukita adalah Kepala BP Batam periode 19 Oktober 2017 hingga Januari 2019. Posisinya kemudian digantikan oleh M Rudi sampai sekarang. Selain menempati posisi puncak di BP Batam, saat ini Rudi juga menjabat Wali Kota Batam.

Kedua orang itu dipastikan bakal saling adu strategi untuk meraih kemenangan dalam pesta demokrasi Pilwako Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam secara resmi sudah menetapkan bahwa Pilwako Batam diikuti oleh dua pasangan calon (paslon).

Mereka adalah, pasangan Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad yang merupakan pasangan petahana serta pasangan Lukita Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid sebagai “penantang”.

Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu mengatakan, kedua paslon itu telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam PKPU 3/2017, PKPU 15/2017, PKPU 18/2019, PKPU 1/2020, dan Juknis Nomor 394/2020. Sebelum penetapan calon, KPU Batam sudah melaksanakan serangkaian tahapan mulai dari pengumuman, pendaftaran, hingga verifikasi.

Pasangan Rudi-Amsakar diusung oleh 8 partai politik (parpol) yaitu: Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adapun pasangan Lukita-Basyid diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pasca-mendapatkan nomor urut 1 untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Batam 2020, Lukita Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid (Luar Biasa), langsung ‘tekan’ gas untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Mantan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Wakil Menteri ini pun menegaskan pihaknya siap ‘bertarung’ dengan pertarungan yang sehat, jujur dan adil demi memperbaiki Kota Batam yang lebih baik lagi.

“Kami siap bertarung dengan jujur, sehat dan adil. Dimana hal ini sengaja dilakukan untuk memperbaiki Kota Batam,” jelas Lukita disela-sela pengundian nomor urut, Kamis (24/9/2020) pagi.

Pengundian nomor urut itu sendiri digelar secara langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam pada Kamis(24/9/2020).

Proses pengundian nomor urut sendiri berlangsung kurang lebih sekitar satu jam.

Pelaksanaan berlangsung dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 karena yang bisa masuk ke ruang pengundian hanyalah masing-masing paslon dan satu orang tim perwakilan saja.

Pada kesempatan tersebut, pasangan Lukita Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid mendapatkan nomor urut 1. Sementara, paslon HM Rudi dan Amsakar Achmad mendapatkan nomor urut 2.

(hsn)