Sejak PT Moya, Tagihan Air Menggila, Naik hingga 22 Kali Lipat

Moya Indonesia
(Ft.istimewa)

BATAM,AlurNews.com – Menjelang dua bulan sejak mulai beroperasi mengelola air baku di Kota Batam, Kepulauan Riau, kini beberapa pelanggan PT. Moya Indonesia merasakan “panas dingin” lantaran terhenyak menerima tagihan air yang menggila untuk bulan Desember 2020.

Salah satunya seperti yang dikeluhkan oleh Eda, warga Tiban Koperasi, Sekupang, yang menyebutkan bahwa untuk pembayaran tagihan pada bulan Desember kemarin yang mencapai angka lebih dari Rp1,5 juta.

“Saya terkejut bang begitu mengecek tagihan air secara online kemarin, pas mau bayar. Biasanya saya tidak pernah bayar tagihan sampai sebesar itu,” paparnya dikutip dari Suryakepri.com, Selasa (5/1/2021).

Tingginya tagihan air tersebut juga diakuinya tidak masuk akal lantaran sebagai pelanggan, Eda hanya tinggal seorang diri di rumah tersebut.

Untuk tagihan air, Eda juga mengakui biasanya hanya membayar tagihan dibawah Rp 50 ribu, dan untuk permasalahan ini ia juga menuturkan sudah membuat laporan resmi ke PT. Moya.

“Saya sudah buat laporan resmi kemarin ke kantor SPAM Moya yang ada di Tiban. Dan saya juga sudah melakukan pengecekan apakah memang ada kebocoran, namun tidak ada saya temukan hal itu,” jelasnya.

Tidak hanya Eda, keluhan yang sama juga disampaikan oleh warga Tanjung Uncang, Batuaji, Darma Nisel yang menyampaikan bahwa untuk pembayaran Desember tagihan air di rumahnya mencapai angka Rp 1,5 juta.

Seperti struk tagihan yang dilihat persisnya tagihan bulan Desember 2020 yang harus dibayar Darma Nisel mencapai Rp1.531.050.

Padahal tagihan bulan November 2020 hanya sebesar Rp69.600. Itu berarti terjadi lonjakan sebanyak 22 kali lipat antara tagihan November dan Desember.

Adapun keluhan ini disampaikannya melalui akun media sosial Facebook miliknya, yang dilansir dari laman Wajah Batam.

Dalam postingannya, Darma Nisel juga melampirkan total tagihan miliknya yang didapatkan dari laman resmi SPAM Batam.

Saat ini postingan tersebut sudah dikomentari lebih dari seribu akun Facebook yang bergabung di grup Wajah Batam, dan telah direpost sebanyak 23 kali.

(rls)