Terbakarnya Kilang Minyak Balongan Jadi Sorotan Media Asing, Netizen Ungkapkan Duka

Kilang minyak Balongan di Indramayu Jabar terbakar. Ratusan orang diungsikan.(alurnews.com/inews)

INDRAMAYU, AlurNews.com – Terbakarnya kilang minyak Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (29/3) dini hari menjadi trending topic di twitter.

Kejadian yang mengakibatkan setidaknya 20 orang mengalami luka bakar dan ratusan lainnya mengungsi itu juga menjadi sorotan media asing seperti TRT World, SEA Today News, dan UA News.

Banyak video yang memperlihatkan api yang membumbung tinggi ke udara beredar di media sosial.

Netizen pun ramai-ramai berduka dan berdoa untuk para korban dari ledakan yang terdengar hingga puluhan kilometer itu.

Innalillahi…
sending all my prayers and deepest condolences for all victims of the massive explosion in Indramayu stay safe everyone Folded handsRed heart,” tulis akun @gweenQilA.

After Makassar, a massive explosion at a Pertamina oil refinery in Indramayu Indonesia.

Sending my thoughts and a lot of prayers to everyone around Indramayu Stay safe everyone!” cuit akun @bubunasecret

Stay safe indramayu! Innalillahi,” kata akun @bananih.

 Sebelumnya, Polda Jabar pun segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) setelah api padam dan dilakukan pendinginan.

“Kita selidiki (penyebabnya), memang banyak hal info yang kita dapatkan. Kita akan selidiki bersama Pertamina, apakah ada kebocoran atau akibat dari petir. Setelah olah TKP baru kita ketahui,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Chaniago, kepada wartawan, Senin (29/3).

Sejak kebakaran terjadi ia menuturkan petugas langsung melakukan pengamanan di lokasi TKP dan sekitarnya. Termasuk bersama aparat pemerintah melakukan evakuasi warga setempat radius satu sampai dua kilometer.

“Warga sudah diungsikan ke tempat lebih aman, terutama di pendopo bupati. Pak Kapolda menemui mereka untuk memberikan ketenangan, jangan panik,” katanya.

Ia mengatakan, jajaran Polres Indramayu dibantu Brimob di wilayah Cirebon terlibat dalam proses evakuasi. Warga yang berada di dua desa di sekitar kilang minyak turut dievakuasi.

Informasi diperoleh, ada 520 orang yang mengungsi di dua lokasi akibat kejadian tersebut. Mereka merupakan warga yang tinggal dekat area PT Pertamina RU VI Balongan.(*)

Sumber: arahdata