TKW Berhasil Diselamatkan, Jarang Dapat Makan Layak dan Kerap Dianiaya Majikan WN Malaysia

TKW asal Jabar yang dianiaya majikan di Malaysia.(alurnews.com/ist)

KUALALUMPUR, AlurNews.com – Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia diduga menjadi korban penganiayaan oleh dua orang majikan warga Malaysia.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur bergerak menyelamatkan wanita tersebut setelah menerima laporan dari masyarakat.

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Kualalumpur Yoshi Iskandar mengatakan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Unit D3 Polis Diraja Malaysia untuk menyelamatkan pekerja migran Indonesia (PMI) berusia 46 tahun yang berasal dari Jawa Barat tersebut.

“Pada 15 April 2021 malam hari, hasil koordinasi dari KBRI, pihak PDRM menuju lokasi untuk melakukan penyelamatan atas korban dan langsung dibawa untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan atas dugaan penganiayaan oleh pelaku,” kata Yoshi dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021).

Diperoleh informasi, kini pihak PDRM juga telah menahan dua orang terduga pelaku penganiayaan terhadap WNI itu.

Kondisi fisik tenaga kerja wanita itu dilaporkan sangat kurus karena diduga tidak mendapatkan makanan yang layak oleh pelaku majikan.

Selain itu, korban diduga mendapat perlakuan penganiayaan kekerasan fisik oleh pelaku majikan.

Korban selama ini juga diduga tidak diberi akses penggunaan telepon selular selama bekerja.

Korban juga diduga selama bekerja hampir 5 tahun tidak pernah mendapatkan gaji dari majikan sehingga korban tidak dapat mengirimkan uang kepada keluarganya di Indonesia.