Cuaca Ekstrem, Kapal Diempas Ombak, 3 Nelayan Hilang

Tim Basarnas masih melakukan pencarian terhadap para nelayan yang hilang. (alurnews.com/merdeka.com)

PANGANDARAN, ALURNEWS.COM – Cuaca yang tidak menentu masih mengintip perairan di tanah air. Sebuah kapal nelayan terbalik diempas ombak hingga karam di perairan Batu Bodas, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (1/6) malam.

Akibat peristiwa itu, dua nelayan selamat, sedangkan tiga rekannya masih hilang.

“Kapal nelayan tersebut dilaporkan terbalik sekitar pukul 19.30 pada Selasa kemarin,” ujar Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah, Rabu (2/6).

Berdasarkan informasi yang diterimanya, kapal nelayan itu membawa 5 anak buah kapal (ABK) asal Pasar Ikan Pangandaran. Mereka rencananya mencari ikan di perairan Batu Bodas, Cipoek, pinggir tebing Cagar Alam Pangandaran.

“Namun saat tengah melakukan aktivitasnya, tiba-tiba datang ombak yang cukup besar menghantam perahu, sehingga menyebabkan perahu yang ditumpangi para nelayan terbalik dan terbentur karang. Akibatnya, perahu karam,” jelasnya seperti dikutip dari Merdeka.com.

Dua orang nelayan yang ada di dalam kapal berhasil selamat, yakni Iwan dan Ee. Sementara tiga lainnya masih hilang, yakni Ade Rapi, Asep dan Agun.

Ketiganya masih dicari tim SAR. “Kita memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan pencarian di sekitar lokasi tenggelamnya kapan tersebut. Sejak pagi tadi kita langsung melakukan pencarian bersama unsur SAR lainnya, namun belum membuahkan hasil. Pencarian akan kita lanjutkan besok,” tutup Deden. (*)