Pembobol Masjid Purimas 2 Batam Sempat Mengendap-endap Bawa Dua Kantong Uang Infaq

Dua pencuri kotak infak di purmas.(alurnews.com)

BATAM, ALURNEWS.COM – Dalam aksi pencurian di Masjid Purimas 2, Batam Kota, dua pencuri menguras kota infaq yang jumlahnya sekitar tiga kotak.

Pelaku pencurian yang sempat terekam CCTV masjid itu sempat mengelilingi sudut dan ruangan masjid, diduga menguras kotak yang ada di bagian samping, sebelum akhirnya masuk lagi ke dalam masjid.

Kedua pencuri akhirnya keluar dari salah satu pintu dengan menggesernya hingga setengah terbuka.

Pelaku dalam rekaman yang diterima Alurnews.com itu juga sempat mengendap-endap mengawasi lalu lintas jalan. Saat kendaraan di jalan jalur lambat itu sepi, pencuri keluar.

Dua pencuri membawa hasiul curiannya menggunakan plastik. Satu orang sempat mengendap-endap di halaman masjid. Sedangkan satu orang berlalu dengan langkah biasa.

Para pencuri meninggalkan pintu masjid dalam kondisi terbuka, demikian juga tali dibiarkan menjuntai di tengah ruangan masjid.

Dari rekaman itu diperkirakan mereka beraksi sekitar 10 menit. Sekitar pukul 01.27 WIB, sudah langsung kabur.

Pencuri akan keluar dari masjid.(alurnews.com)

Diberitakan sebelumnya, dua pencuri menguras kontak infaq di masjid wilayah Purimas 2, Batam Kota pada Jumat (4/6) dinihari. Aksi kedua pencuri terekam CCTV masjid.

Diketahui, pencuri masuk ke masjid melalui plafon lantai dua. Kedua pencuri bergantian turun ke lantai 1 menggunakan kabel listrik yang diikatkan di plafon.

Dalam rekaman CCTV yang dilihat Alurnews.com, dua pencuri itu turun bergantian. Satu pencuri turun dengan mengenakan topi, dan segera menuju kotak infaq yang ada di pojok ruang masjid.

Selanjutnya pelaku kedua turun lewat kabel itu dengan muka ditutup kaos yang dilepas dari badannya.

Sebelum keduanya turun, sandal berwarna hitam juga mereka bawa dengan dilempar dari atas.

Hal ini diduga sebagai upaya agar tidak meninggalkan jejak barang yang tertinggal.

Setelah beraksi, keduanya segera meninggalkan masjid dan meninggalkan kotak yang sudah jebol itu.

Uang infaq mingguan milik umat itu dikuras dan dibawa kabur.

Pengurus masjid Ar Raudah, Puri Mas 2, Batam Kota, Heru yang dikonfirmasi Alurnews, Jumat siang mengungkapkan, aksi para pencuri itu diketahui pada Jumat pagi.

Kondisi kotak infaq ada bekas dicongkel dan isinya dibawa kabur. Kejadiannya diperkirakan dinihari, sekitar pukul 01.00 WIB.

“Kita pengurus masjid akan melaporkan ke polisi. Tapi rencana sore ini. Tadi masih konsentrasi persiapan Shalat Jumat,” ungkap Heru.

Dikatakan, mengenai jumlah uang infaq itu belum diketahui pasti, namun itu total mingguan yang biasanya dihitung tiap hari Jumat.

“Sekitar 600-1.000.000 an kira-kira. Tapi itu kira perkiraan saja. Itu uang umat dan akan dilaporkan ke pak polisi,” kata Heru. (pwk)