Ma’ruf Amin Sebut Pandemi Covid-19 Momentum Torehkan Prestasi Pendidikan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Ft.Google)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Ft.Google)

JAKARTA, AlurNews.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini merupakan momentum menorehkan prestasi dan karya terbaik dalam hal pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf di acara puncak peringatan hari lahir ke-6 Universitas Alma Ata, secara virtual, Senin (18/10/2021).

“Perubahan, disrupsi dan tantangan era pandemi Covid-19 merupakan momentum untuk menorehkan prestasi dan karya terbaik, termasuk bagi dunia akademik,” kata Ma’ruf.

Terlebih, kata dia, pada masa serba sulit ini Indonesia mampu membuktikan dapat tetap bertahan dan kokoh dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Ma’ruf mengatakan, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun memberikan tantangan sekaligus peluang dalam semua dimensi kehidupan, termasuk pendidikan.

“Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menuntut perguruan tinggi untuk mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat terus melaksanakan perkuliahan, mengembangkan kreativitas, riset dan inovasi,” ujar dia.

Dari situlah, kata Ma’ruf momentum tersebut didapatkan untuk terus berprestasi dan menciptakan karya-karya terbaik bagi bangsa

Selain itu, saat ini pemerintah juga memiliki program prioritas untuk membangun sumber daya manusia (SDM) unggul yang kreatif dan adaptif.

Termasuk mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan yang akan semakin beragam.

“Oleh karena itu diperlukan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan generasi yang unggul dan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), riset dan inovasi (RIN), berjiwa wirausaha,” ucap dia. (RS)

Sumber: kompas.com