Sesuai Prosedur, Sebanyak 225 Pekerja Migran Indonesia Positif Covid-19 Jalani Karantina di RSKI Galang

Foto : ist

AlurNews.com, Batam – 225 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Malaysia dan Singapura hingga saat ini masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Kota Batam

Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi mengatakan, 225 orang yang terdiri dari 124 laki-laki dan 101 perempuan menjalani perawatan setelah terkonfirmasi positif Covid-19 saat tiba di Kota Batam.

“Tingkat keterisian di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang saat ini mencapai 48.91 persen,” ungkap Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi, Minggu (24/10/2021).

Dijelaskan Kapenrem, beberapa prosedur yang harus dilalui para PMI saat tiba di Kota Batam telah dilakukan. Terutama, tes PCR Covid-19, apabila hasilnya positif maka mereka harus langsung diisolasi ke RSKI Pulau Galang. Namun, apabila hasilnya negatif maka mereka (PMI) harus melaksanakan karantina selama delapan hari ke depan.

“Pertama prosedur testing, yang dilaksanakan sebanyak 2 kali berupa Tes Rapid Antigen dan PCR di saat para PMI baru tiba di Pelabuhan Batam Center. Bila saat itu hasil Swab Rapid Antigen dinyatakan positif maka langsung di evakuasi ke RSKI Pulau Galang,” jelasnya.

Lanjut, Kapenrem menyampaikan, dalam penanganan pasien, para petugas medis terus memberikan yang terbaik bagi para PMI saat menjalani isolasi.

“Kita akan terus melakukan upaya khusus untuk tetap menangani pasien Covid-19 (PMI) ini dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada,” pungkasnya. (T)