BPN Karimun ikut Digugat Rudy Haryanto, Yahya: Sesuai SHM Tanah itu milik Pak Gunandi !

Sidang di PN Tanjung Balai Karimun. (Ft. AlurNews.com)

KARIMUN, AlurNews.com – Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun kembali mengelar sidang pembuktian terkait adanya gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) yang dilayangkan oleh Rudy Haryanto, atas tumpang-tindih sebidang tanah seluas 2.200 m2, di Jalan Bukit Godam, RT.02, RW.01, Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Selasa (11/01/2022).

Sidang lanjutan tersebut tampak dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Hakim, Madi, SH.,MH. dalam agenda persidangan pembuktian dari Kecamatan Meral selaku tergugat IX, dan pembuktian dari Kelurahan Sungai Raya selaku terguat X.

Baca juga: Disidang PN Karimun, PH Camat Meral dan Lurah Sungai Raya Tunjukkan Bukti Gunandi Pemilik Tanah SAH

Selain Camat Meral dan Lurah Sungai Raya yang menjadi tergugat. Adapula Kepala BPN Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan Gunandi pemilik Sertifikat Hak Milik (SHM) yang digugat oleh Rudy Haryanto yang mengklaim pemilik tanah dengan dasar sporadik yang katanya diperoleh sejak tahun 1996.

Yahya, Koordinator Pengendalian Pertanahan Tanjung Balai Karimun yang hadir dalam sidang di PN Tanjung Balai Karimun membeberkan fakta-fakta pemilik tanah yang sah, yang digugat Rudy Haryanto.

Yahya menyampaikan, bahwa pihaknya mengeluarkan Surat Hak Milik (SHM) milik Gunandi Tergugat 1 sudah sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Kita mengeluarkan SHM atas nama tergugat 1 sudah sesuai aturan hukum yang berlaku. Seharusnya, jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan seharusnya dan lebih tepatnya digugat di PTUN,” kata Yahya mewakili BPN Tanjung Balai Karimun selaku tergugat VIII.

Ia menegaskan, BPN tidak serta merta untuk mengeluarkan SHM. Namun ada proses yang dilakukan.