Aliando Syarief Derita Gangguan OCD, Ini Penyebabnya

Aliando Syarief (Ft. Google)

AlurNews.com – Kabar gangguan mental OCD (Obsessive Complusive Disorder) yang diderita artis dan pesinetron Aliando Syarief mengejutkan para penggemarnya.

Aliando mengungkap kondisi kesehatan mentalnya melalui akun instagramnya @aliandooo, Kamis (27/1/2022).

Gangguan mental itu menyebabkan Aliando Syarief harus mundur dari proyek sinetron terbarunya Keajaiban Cinta dan menghilang hampir dua tahun dari industri hiburan.

“Saya kena OCD, makannya kenapa enggak keluar dua tahun dan maksudnya jangan sampai ada berita-berita aneh juga karena yang akurat berita langsung dari akunnya Ali ini,” ujar Aliando dari siaran langsung Instagram @aliandooo.

Apa itu OCD

Dilansir dari mayoclinic, OCD merupakan bentuk gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan sesuatu dalam pola berulang. Ketika hal itu tidak dilakukan, maka penderita OCD akan mengalami ketakutan dan merasa cemas.

Melansir Mayoclinic, OCD menampilkan pola pikiran dan ketakutan yang tidak diinginkan (obsesi), yang membuat penderitanya melakukan perilaku berulang (kompulsif).

Obsesi dan kompulsi mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan penderitaan yang signifikan.

Pengidap gangguan mental OCD mungkin mencoba untuk mengabaikan atau menghentikan obsesi, tapi ini hanya meningkatkan tekanan dan kecemasan.

Pada akhirnya, penderita merasa terdorong melakukan tindakan kompulsif untuk mencoba meredakan stres.