Nelayan dan Petani di Kepri, Begini Cara Dapatkan KUR di 2022

Nelayan sedang menjaring ikan. (Foto: Istimewa)

AlurNews.com – Akses bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) semakin dipermudah. Program ini juga diperuntukan pemerintah bagi nelayan dan petani.

Kepri yang didominasi lautan membuat daerah kepulauan ini banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan. Tak hanya itu, banyak juga warga yang berprofesi sebagai petani di Kabupaten Bintan dan Lingga.

KUR di tahun 2022 ini lebih mudah untuk didapatkan petani dan nelayan untuk mendapatkan tambahan modal dalam menjalan usaha mereka, termasuk bagi nelayan dan petani Kepri.

KUR adalah kredit yang diberikan bagi UMKM dan koperasi di bidang usaha produktif dan layak tetapi memiliki keterbatasan dalam pendanaan, seperti nelayan yang memproduksi produk perikanan olahan dan petani yang memproduksi beras.

Simak syaratan pengajuan pinjaman KUR BRI melalui platform kur.bri.co.id

  1. Individu (perorangan)
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  5. Syarat administrasi yakni menunjukkan KTP, kartu keluarga atau KK, dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).

Cara mendapatkan pinjaman KUR BRI bagi nelayan dan petani, maka bisa mengunjungi link https://kur.bri.co.id/ lalu klik ajukan pinjaman. Setelah itu, calon debitur bisa membuat akun dan log in melalui Google atau Facebook.

Lebih rinci, simak cara mendapatkan KUR bagi nelayan dan petani:

  1. Buka link https://kur.bri.co.id/
  2. Klik ‘Ajukan Pinjaman’
  3. Jika belum memiliki akun, maka bisa membuat akun, dengan cara mendaftar terlebih dahulu.
  4. Lalu log in menggunakan alamat email pribadi.
  5. Kemudian isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online, mulai dari profil diri, usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan. (ib)