Liga Inggris: Manchester City Tersandung di Etihad

Manchester City vs Tottenham Hotspurs. (Foto: Istimewa)

AlurNews.com – Pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester City tumbang di kandang sendiri, Etihad Stadium kala menjamu Tottenham pada pekan ke-26 Premier League 2021/22, Minggu 19 Februari 2022. Anak asuh Pep Guardiola kalah 2-3.

Dejan Kulusevski membawa Tottenham unggul di menit 4. Ilkay Gundogan menyamakan kedudukan untuk City di menit 33. Harry Kane mengembalikan keunggulan Tottenham di menit 59. City kembali menyamakan kedudukan lewat penalti pemain pengganti Riyad Mahrez di menit 90+2. Namun gol kedua Harry Kane di menit 90+5 membuat City menangis.

Ada beberapa hal menarik yang bisa dibahas dari laga ini, termasuk kegagalan menang pasukan Josep Guardiola meski bermain sangat dominan. Berikut ulasannya.

City unggul mutlak penguasaan bola (71,5% – 28,5%). City juga unggul jauh dalam hal jumlah tembakan (21 – 6).

Namun, efektivitas serangan mereka sangat kontras, dan itu menjadi pembeda.

City mencatatkan 4 shots on target, dan mencetak dua gol. Sementara itu, tim besutan Antonio Conte punya 5 shots on target, dan menyarangkan tiga gol.

Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, pada pekan ke-1, City kalah 0-1 di kandang Tottenham. Gol tunggal dicetak Son Heung-Min.

Kali ini, dia tidak mencetak gol. Namun, dia merancang dua assist, yakni untuk gol pembuka oleh Kulusevski dan gol kedua Tottenham oleh Kane.

Harry Kane adalah striker yang ganas. Di laga ini, dia membuktikannya.

Tottenham, seperti kita ketahui, hanya mencatatkan total enam tembakan. Nah, dari enam tembakan itu, tiga di antaranya berasal dari Kane.

Tiga shots Kane itu pun semuanya on target, dan dua terkonversi menjadi gol. Itu tentu saja termasuk gol penentu kemenangan di injury time.

City saat ini memang masih memimpin klasemen. Namun, City (63) kini hanya unggul enam poin atas peringkat dua Liverpool (57), yang menang 3-1 atas Norwich.

Keunggulan City atas Liverpool terpangkas. Selain itu, perlu diingat pula bahwa Liverpool masih punya tabungan satu pertandingan.

Sementara itu, Tottenham berhasil memutus streak tiga kekalahan beruntun mereka di Premier League. Sebelum menekuk City, anak-anak asuh Antonio Conte sempat berturut-turut dipecundangi Chelsea 0-2, Southampton 2-3, dan Wolverhampton 0-2.

Tottenham pun kini menghidupkan kembali harapan mereka untuk menembus empat besar. (ib)