Mooney VR46, Tim Milik Valentino Rossi Siap Bertarung di MotoGP 2022

Tim milik Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team. (Foto: Istimewa)

AlurNews.com – Meski sudah memutuskan pensiun dari dunia balap motor, legenda MotoGP Valentino Rossi bakal terus berkarier di balap motor kasta tertinggi dengan peran baru sebagai pemilik tim.

The Doctor baru saja meresmikan tim balap Moto2 dan MotoGP, Mooney VR46. Pebalap tim MotoGP Mooney VR46 akan diisi oleh Luca Marini, yang merupakan adik Valentino Rossi sendiri. Marini sudah mengecap balap MotoGP sejak musim lalu. Menemani Marini, ada nama Marco Bezzecchi. Sementara di kelas Moto2, akan dibesut oleh Celestino Vietti dan Niccolo Antonelli.

Di kelas premier, tim balap Valentino Rossi mengambil alih kuota Avintia Racing mulai tahun 2022. VR46 menandatangani kontrak tiga tahun untuk mesin Ducati.

Pada awalnya, tim balap Rossi santer dikabarkan menjalin kerja sama sponsorship dengan perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco. Tapi kemudian hal itu tak kunjung terealisasi, akhirnya VR46 menjalin kerja sama dengan Mooney, sebuah perusahaan asal Italia yang bergerak di bidang perbankan.

Sebelumnya tim balap Valentino Rossi di kelas Moto3 dan Moto2 menjalin kerja sama dengan Sky Italia dari 2014 hingga 2021. Tim balap Sky Racing VR46 mulai berlaga di kelas Moto2 sejak 2017 dengan pebalap Francesco Bagnaia dan Stefano Manzi.

“Tahun ini, untuk pertama kalinya, kami melakukannya di MotoGP. Ini seperti menutup lingkaran, tetapi juga bagus untuk memulai cerita indah lainnya di MotoGP,” kata Rossi dikutip dari Crash, Jumat (25/2/2022).

Menurut Direktur Tim, Alessio Salucci, saat ini menjadi momen paling tepat bagi VR46 untuk terjun ke kancah MotoGP, dengan para pebalap asli dari Italia, serta dukungan penuh 100% dari sang legenda Valentino Rossi.

“Dan terima kasih kami ucapkan kepada semua mitra kami yang terus percaya pada proyek ini. Tanpa dukungan mereka tidak mungkin kami tiba di sini (MotoGP), kami berharap bisa membalas semua kepercayaan mereka dengan cara terbaik,” ujar Salucci. (ib)