Berada Satu Pot: Portugal dan Italia, Mana yang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Istimewa)

AlurNews.com – Zona Eropa akan menggelar playoff Piala Dunia 2022 pada Jumat (25/3) dini hari WIB. Dua juara Piala Eropa pada dua perhelatan terakhir Portugal dan Italia berada dalam satu pot yang sama.

Lantas siapa dari kedua negara ini yang nantinya akan berhak maju ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Berikut aturan playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Lantaran Rusia didiskualifikasi dari playoff akibat persoalan invasi ke Ukraina, kini hanya tinggal tersisa 11 tim dalam playoff zona Eropa yang akan memperebutkan tiga tiket tersisa di Piala Dunia.

Tiga tiket tersisa itu membuat playoff dibagi menjadi tiga jalur.

Di jalur A, Skotlandia akan menghadapi Ukraina dan Wales berjumpa Australia. Pemenang masing-masing laga bakal bertemu di babak final untuk memperebutkan tiket Piala Dunia. Namun duel Skotlandia vs Ukraina saat ini mengalami penundaan.

Di jalur B, Polandia kini sudah menjejakkan kaki di babak final seiring Rusia didiskualifikasi. Polandia kini tinggal menanti pemenang duel Swedia vs Rep.Ceko.

Di jalur C, Italia bertemu Makedonia Utara sedangkan Portugal berhadapan lawan Turki. Pemenang masing-masing duel berjumpa di babak final.

Semua pertandingan berlangsung dalam format satu partai. Pemenang akan lolos ke babak final yang juga bakal berlangsung dalam format satu partai.

Pemenang di tiap jalur lalu langsung lolos ke Piala Dunia Qatar 2022.

Merujuk drawing yang ada, jalur C adalah jalur yang paling dinantikan banyak orang. Pasalnya terdapat Italia dan Portugal yang di atas kertas masuk dalam tim favorit untuk memenangkan Piala Dunia.

Dengan keduanya berada di jalur C, dipastikan salah satu dari negara tersebut tidak akan berpartisipasi di Piala Dunia. Bahkan bisa saja keduanya gagal lolos ke Piala Dunia andai Makedonia Utara atau Turki sukses menghadirkan kejutan.