Tim Kemensos Sempat Hilang Kontak 12 Jam di Perairan Papua

ASMAT, AlurNews.com – Sebuah kapal cepat atau speedboat yang ditumpangi rombongan Kementerian Sosial (Kemensos) hilang kontak selama 12 jam saat berlayar menuju Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (24/3/2022). 

Kapal mulai hilang Kamis sore dalam perjalanan pulang setelah selesai melakukan persiapan kegiatan kunjungan kerja Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma di pedalaman Kampung Erosaman dan Amagais.

Setelah Mensos Risma selesai melakukan kunjungan kerja dari Kampung Erosaman dan Amagais, rombongan tim Kemensos langsung kembali ke Distrik Agats dengan menggunakan speedboat atau kapal cepat. 

Sekitar pukul 11.00 WIT, sebanyak tujuh kapal bergerak beriringan melewati laut Arafuru. Belum lama berlayar, speedboat langsung dihantam ombak bergelombang sedang hingga tinggi.

Perjalanan yang umumnya bisa ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam melalui Kali Derkoumur dan Laut Arafuru jadi memakan waktu lebih dari tujuh jam karena cuaca buruk.

Angin kencang, ombak dengan tinggi nyaris lebih dari 1 meter dan membuat speedboat terombang-ambing.

Rintik-rintik hujan pun turut menambah kengerian perjalanan tim menuju Distrik Agats.

Semua kapal kemudian sempat menepi ke sebuah muara terdekat dari laut.

Sekitar sore hari saat hujan berhenti, rombongan mulai melanjutkan perjalanan. Namun satu dari tujuh rombongan speedboat terpisah dan sulit dihubungi.

Rombongan Kemensos yang menumpang kapal itu adalah Koordinator Bagian Organisasi Hukum dan Humas Ditjen Pemberdayaan Sosial Latifah Ningrum; Subkoordinator Bagian Humas; Ratri Handayani; Pengelola Kehumasan, Ersyad Tonnedi. Kapal dikenalikan Naymar.