Tim Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual 5 Media di Batam dan Silaturahmi ke Kantor Media

Staf Sekretariat Dewan Pers, Irwan memeriksa kelengkapan berkas saat Tim Dewan Pers melakukan verifikasi faktual di Kantor AlurNews.com, Jumat (25/3/2022). (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Tim Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terhadap lima media anggota Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kepri di Batam dan silaturahmi ke kantor media, Jumat (25/3/2022).

Tim Dewan Pers yang melakukan verifikasi faktual adalah Anggota Dewan Pers selaku Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan & Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers, Jamalul Insan didampingi Irwan dari Sekretariat Dewan Pers.

Kelima media yang diverifikasi faktual ini yakni ariranews.com, detaknews.co.id, alurnews.com, beritabatam.com dan telisiknews.com.

Tim Dewan Pers melakukan verifikasi faktual di Wartakepri.id. (Foto: JMSI)

Jamalul Insan, satu per satu mendatangi media yang akan diverifikasi faktual.

Dan wartakepri.co.id, menjadi media pertama yang dikunjungi. Namun, karena status WartaKepri sudah faktual 2018, maka statusnya menjadi kunjungan silahturhami saja

Di wartakepri.co.id, Jamalul Insan yang didampingi staf Dewan Pers, Irwan disambut Dedy Suwadha sebagai pemilik dan juga pembina JMSI Kepri.

Wartakepri.co.id dan dua media lainnya yakni mediakepri.co.id dan batamclick.com yang merupakan anggota JMSI Kepri sudah terverifikasi faktual sejak 2018.

“JMSI buat surat. Ini hanya tinggal perapian pendataan di website Dewan Pers,” ujar Jamalul Insan disela-sela kunjungannya di basecamp wartakepri.co.id.

Lalu, langkah Jamalul Insan dilanjutkan ke ariranews.com. Diterima Penanggungjawab yang juga Pimpinan Redaksi, Jamalul Insan melakukan pemeriksaan berkas dan website ariranews.com secara seksama.

Selanjutnya, detaknews.co.id menjadi tujuan Jamalul Insan. Ranti sebagai Pimpinan Perusahaan dan Amir sebagai Pimpinan Redaksi menyambut hangat kedatangan anggota Dewan Pers. Amir, yang juga Bendahara di JMSI Kepri memaparkan rubrik dan konten yang menjadi andalan di detaknews.co.id.

Tim Dewan Pers melakukan verifikasi faktual di Detaknews.co.id. (Foto: JMSI)

Alurnews.com menjadi tujuan berikutnya. Di alurnews.com, Jamalul Insan disambut CEO, Harianto dan Pimpinan Redaksi Hadli. Jamalul juga dinobatkan untuk menjadi narasumber mengisi Alurpopcast.

Di Alurpopcast ini, Jamalul Insan menjelaskan dan memaparkan panjang lebar peran dan fungsi Dewan Pers yang dipandu Anwar Anas yang merupakan Sekretaris JMSI Kepri.

Pemred AlurNews.com Hadli mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kunjungan Tim Dewan Pers dalam melakukan verifikasi faktual di perusahaan media AlurNews.com.

Ia berharap melalui verifikasi faktual ini, selain untuk mendapatkan predikat ‘media terverifikasi’ juga mendapat edukasi dari Dewan Pers terkait tata kelola administrasi sebuah perusahaan media.

“AlurNews.com sebagai salah satu perusahaan media di Kepri sangat penting untuk mendapatkan predikat ‘media terverifikasi faktual’ sebagai bukti sebuah perusahaan media untuk menjaga kepercayaan publik atas berita-berita yang dihasilkan selama ini,” ujarnya.

Tim Dewan Pers melakukan verifikasi di Ariranews.com. (Foto: JMSI)

Dewan Pers melanjutkan langkahnya ke kantor beritabatam.com. Eddy Supriatna sebagai Pimpinan Redaksi beritabatam.com menjelaskan Dewan Pers sudah tiga kali berkunjung untuk melakukan verifikasi faktual.

Kali pertama Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terjadi sekitar lebih satu tahun lalu. Lalu, Dewan Pers juga melakukan verifikasi faktual sekitar enam bulan yang lalu.

“Ini untuk yang ketiga kalinya, beritabatam.com dilakukan verifikasi faktual. Namun kita masih tetap taat dan patuh untuk mengikuti ketentuan dari Dewan Pers,” ujar Eddy.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap berkas dan rubrik website beritabatam.com, Dewan Pers melanjutkan perjalanan menuju ke telisiknews.com.

“Secara umum perjalanan verifikasi ini berjalan dengan baik. Namun untuk hasilnya, kami berikan ruang seluas-luasnya kepada Dewan Pers memberikan penilaian terhadap media yang diverifikasi ini,” kata Eddy yang juga Ketua JMSI Kepri didampingi Sekretaris JMSI Kepri, Anwar Anas dan jajaran pengurus lainnya. (sarma haratua siregar)