Habibi, Bayi Penderita Malnutrisi di Batam Kini Sudah Semakin Membaik

Sementara itu, Nutrisionis RSUD Embung Fatimah Batam, Elizabeth menerangkan bahwa kondisi status Habibi saat masuk sudah dinyatakan Malnutrisi berat.

Hal ini dapat dilihat dari berat badan Habibi yang hanya 2,9 kilogram, dan berbeda dengan kondisi bayi berusia dua bulan yang seharusnya sudah mencapai berat 4 kilogram.

“Belum lagi diare parah yang diderita oleh Habibi saat masuk sejak tanggal 11 April lalu. Untungnya saat ini kondisi kritis itu sudah lewat, dan kondisi Habibi semakin hari semakin baik,” terangnya.

Mengenai penanganan medis yang dilakukan pihak RSUD, Elizabeth menuturkan bahwa selaku ahli gizi pihaknya langsung melakukan pemberian Resomal untuk menghentikan kondisi diare.

Setelah diare Habibi berhasil ditangani, langkah medis yang dilakukan selanjutnya adalah pemenuhan gizi dengan pemberian susu formula khusus F75 hingga susu formula F100.

“Saat ini kondisi berat badan Habibi sudah hampir mencapai normal. Kemarin kami timbang, berat Habibi sudah mencapai angka 3,1 kilogram,” paparnya.

Walau demikian, Elizabeth menerangkan bahwa saat ini Habibi masih harus menerima perawatan dari tim medis untuk sementara waktu.

Nantinya saat sudah diperbolehkan kembali, Habibi juga akan menerima kontrol dari pihak Puskesmas setempat mengenai perkembangan gizi yang didapatkan olehnya.

“Sekarang masih harus dirawat lagi, beberapa hari ke depan kemungkinan akan pulang. Nanti di rumah akan dikontrol oleh ahli gizi dari Puskesmas Tanjung Uma,” terangnya. (Sirait)