Simultan Ramadhan, Peserta Diajarkan Materi Bela Negara hingga Cara Pengurusan Jenazah

Penutupan kegiatan Simultan Ramadhan yang digelar KKN STAI Ibnu Sina dan KNPI Kota Batam, Rabu (20/4/2022). (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Memasuki hari ketiga, kegiatan Simultan Ramadhan 1443 Hijiriah, KNPI Kepri berkolaborasi dengan Mahasiswa KKN STAI Ibnu Sina Kecamatan Batuampar melaksanakan acara penutupan dengan buka puasa dan santunan anak yatim piatu.

Pelaksanaan kegiatan ini diselingi dengan pemberian materi terakhir yaitu fardu kifayah memandikan, mengkafani, dan salat jenazah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Ibrahim, Batuampar ini juga melibatkan remaja se-Kecamatan Batu Ampar yang diberikan materi tentang keorganisasian, bela negara, kenakalan remaja, toleransi beragama, dan terakhir tentang pengurusan jenazah.

Ketua KKN Mahasiswa STAI Ibnu Sina Batam, Fahrul Aizat mengatakan, materi kegiatan diisi oleh Ketua DPD KNPI Kota Batam, DPRD Kota Batam, Kaporesta Barelang, Dandim 0316 Batam, Kakankemenag Kota Batam, Ketua DPD MES Kota Batam dan dari PMB Kecamatan Batuampar yang telah ditunjuk oleh panitia pelaksana kegiatan Simultan Ramadhan tahun 2022.

Selama tiga hari terselenggara kegiatan Simultan Ramadhan, sambungnya, banyak ilmu yang didapat oleh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, baik dari materi keorganisasian yaitu cara menjadi pemimpin ataupun materi fardu kifayah.

“Luar biasa banyak ilmu yang di petik dari kegiatan tersebut, terutama kami juga mahasiswa KKN yang menjadi peserta di kegiatan tersebut,” ujarnya, Rabu (20/4/2022).

Senada dengan Fahrul, Bendahara KKN STAI Ibnu Sina Batam, Nevy Neilya juga memberikan tanggapannya mengenai kegitan Simultan Ramadhan.

“Kegiatan yang positif buat pendidikan Simultan Ramadhan. Bagus untuk menambah wawasan kita dan pemateri sangat luar biasa sekali dan sangat mengedukasi,” katanya.

Penutupan kegiatan Simultan Ramadhan dilanjutkan dengan acara santunan anak yatim dan buka bersama

“Kurang lebih ada 20 anak yatim yang mendapatkan santunan,” kata Pattasang, Ketua Yayasan Insan Mandiri Batam. (Sirait)