Pemudik Kapal Roro Tujuan Kuala Tungkal, Jambi Rela Antre Sejak Subuh

Antrean penumpang kapal Roro tujuan Kuala Tungkal Jambi di Pelabuhan Roro Telagapunggur, Jumat (29/4/2022). (Foto: alurnews)

AlurNews.com – Ratusan pemudik asal Batam memadati pelabuhan ASDP Indonesia Ferry (Persero) Telaga Punggur, Jumat (29/4/2022) pagi.

Pantauan di lapangan para pemudik yang akan menggunakan kapal pengangkut Ro-ro, bahkan telah mengantri di depan loket penjualan tiket walau penjualan tiket belum dibuka.

“Saya bahkan sudah dari subuh di sini, mau beli tiket buat saya dan keluarga. Mereka sih belum ikut, saya saja duluan buat amankan tiket untuk penumpang dan mobil,” terang Satrio, salah satu pemudik saat ditemui di loket penjualan tiket yang berada tepat di gerbang masuk Pelabuhan Telaga Punggur.

Dari data yang dihimpun, untuk jadwal keberangkatan kapal Roro perjalanan jauh hari ini adalah tujuan Batam – Kuala Tungkal, Jambi.

Sementara untuk tujuan Batam – Tanjung Uban, Bintan kapal pengangkut Roro yang berangkat tersedia setiap jam hingga pukul 19.00 WIB.

“Daripada gak dapat tiket makanya saya duluan saja kemari. Tapi kata petugas bukanya jam 11.00 WIB nanti,” ungkapnya.

Mendekati pukul 11.00 WIB, suasana di Pelabuhan Telaga Punggur seketika berubah riuh, saat para penumpang yang sebelumnya mengantri di loket tiket untuk tujuan Kuala Tungkal, Jambi.

Kemudian berlomba dan berlari menuju konter penjualan tiket untuk tujuan Batam – Tanjung Uban, yang berada dekat dengan bagian keberangkatan.

“Kata petugas yang mau ke Tungkal jual tiketnya diubah kesini. Makanya pada turun semua yang tadi antri di atas pada turun ke bawah,” jelas Mujaehal, salah satu penumpang yang terlihat berhimpitan di baris antrian.

Mujaehal, mengeluhkan sistem pembelian tiket yang mengharuskannya mengantre panjang, walau sudah berada di pelabuhan sesaat setelah Sahur.

“Abis sahur saya langsung berangkat, saya tunggu di sini biar bisa dapat tiket. Soalnya kan rebutan. Tapi tetap aja begini, kenapa gak ada tiket online,” paparnya.

Dia juga mengeluhkan, sistem pembayaran yang menggunakan kartu dan tidak bisa menggunakan pembayaran tunai.

“Pakai kartu bikin susah, harus beli dulu kartunya baru isi saldo. Mending langsung aja,” sesalnya.