Reuni Akbar SMA 1 Palopo, Ajang Silahturahmi dan Napak Tilas Paska Pandemi Covid-19

Alumni SMAN 158/1 (SMANSA) Palopo menggelar reuni akbar lintas angkatan di SMAN 1 Palopo, Rabu (4/5/2022). (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Alumni SMAN 158/1 (SMANSA) Palopo mengadakan reuni akbar lintas angkatan di SMAN 1 Palopo, Rabu (4/5/2022) lalu, dan diikuti oleh alumni dari angkatan tahun 1960 hingga 2016.

Berbeda dengan kegiatan reuni pada umumnya yang hanya diisi dengan silahturahmi antar alumni, reuni akbar ini juga diisi dengan kegiatan napak tilas.

“Napak tilas yang kami lakukan itu, kami berjalan bersama mengingat seluruh kenangan di jalan yang dahulu memang kami lalui sebelum ke sekolah,” jelas Alfred selaku koordinator Alumni 87 SMAN 1 Palopo melalui sambungan telepon, Jumat (6/5/2022).

Tidak hanya itu, sesuai laporan panitia, peserta jalan santai mencapai 2.000 orang dilepas Ketua Ikatan Alumni (IKA) SMANSA Palopo periode 2017-2022, H Hamzah Jalante di SMAN 1 Palopo.

Dan reuni akbar ini, juga dilanjutkan dengan Musyawarah Besar (Mubes) II Ikatan Alumni (IKA).

Walau demikian, bagi Alfred reuni akbar kali ini memiliki makna yang sangat berbeda.

Hal ini dikarenakan kegiatan serupa sempat tertunda paska Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 lalu, dan perhelatan ini juga dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Idul Fitri 1443 Hijiriah/2022.

“Setelah lama kerinduan ini kami tahun akibat pandemi. Akhirnya bisa bertemu lagi dengan saudara-saudara yang tersebar mulai dari Sumatera hingga Papua. Tentu saja sangat berkesan bagi saya pribadi. Apalagi saat kami bercerita sembari mengenang masa kami sekolah disini,” terangnya.

Hal serupa juga diakui oleh Eko Santoso salah satu alumni 87 dari SMAN 1 Palopo yang kini berada di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kemeriahan dari pelaksanaan reuni akbar di tahun 2022 ini, diakuinya sangat meninggalkan kesan mendalam.

“Saya akhirnya bisa bertemu kembali dengan teman sejawat saya pada saat masih menempuh pendidikan. Karena di saat pandemi, komunikasi hanya terjadi melalui platform media sosial,” terangnya. (Sirait)