Todd Boehly Cs Bakal Jadi Bos Baru Chelsea

Chelsea (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Perang Rusia-Ukraina berimbas pada kepemilikan klub Liga Inggris, Chelsea. Klub asal Kota London ini tak lagi milik Roman Abramovich.

Chelsea bakal resmi berpindah tangan ke Todd Boehly dan kawan-kawan di akhir bulan seiring tercapainya kesepakatan.

Chelsea merilis pernyataan bahwa sudah tercapai kesepakatan dengan kelompok pemilik baru yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter, dan Hansjoerg Wyss.

“Dari total investasi yang dilakukan, 2,5 miliar poundsterling (Rp44,7 triliun) akan dipergunakan untuk membeli saham di klub dan dana penjualan itu akan disimpan pada rekening yang telah dibekukan di Bank Inggris dengan tujuan 100 persen untuk donasi pada kegiatan amal seperti yang telah dikonfirmasi oleh Roman Abramovich.”

“Persetujuan dari pemerintah Inggris diperlukan untuk bisa melakukan transfer dari rekening yang dibekukan tersebut,” tulis Chelsea dalam pernyataannya.

Proses peralihan status kepemilikan Chelsea bakal selesai di akhir Mei.

“Proses penjualan ini diharapkan bisa selesai pada akhir Mei dengan menunggu semua persetujuan dari pihak-pihak yang dibutuhkan.”

Selain 2,5 miliar poundsterling yang digunakan untuk tujuan amal, kelompok pemilik baru Chelsea juga bakal menggelontorkan dana sebesar 1,75 miliar poundsterling (Rp31,3 triliun) untuk investasi pada klub.

“Hal itu termasuk investasi pada Stamford Bridge, Akademi, tim wanita dan Kingsmeadow (stadion untuk tim wanita Chelsea), dan juga Chelsea Foundation.”

Chelsea sebelumnya dimiliki oleh Roman Abramovich. Di era Abramovich, Chelsea menjelma jadi kekuatan besar di Inggris dan juga Eropa.

Dengan gelontoran dana besar dari Abramovich, Chelsea bisa memenangkan gelar-gelar bergengsi mulai dari Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Liga Europa, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub.

Abramovich memutuskan menjual Chelsea dan hal itu tak lepas lantaran dirinya dianggap punya hubungan dekat dengan Vladimir Putin di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (ib)