Kasus Skimming Bank Riau Kepri, Polda Kepri: Kami Masih Tunggu Hasil Investigasi Mereka

Polda Kepri
Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt. (Foto: Bidhumas Polda Kepri)

AlurNews.com – Polda Kepri belum mendapat laporan dari kasus skimming yang dialami nasabah Bank Riau Kepri. Saat ini, kepolisian masih menunggu investigasi internal dari pihak bank.

“Belum, kami masih koordinasi dengan mereka (Bank Riau Kepri),” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Rabu (11/05/2022).

Ia mengatakan, setiap bank memiliki pengawasan internal. Ketika persoalan terjadi menyangkut kerugian nasabah, pengawas internal dari bank tersebut akan melakukan pengecekan atau investigasi.

“Artinya, hasil investigasi dari pengawas internal akan menjadi informasi dan data awal atau petunjuk penyelidikan apabila kasus tersebut dilaporkan ke penyidik (Polri),” terangnya.

Sebelumnya, sejumlah nasabah Bank Riau Kepri di Batam melaporkan kehilangan uang dari rekening tabungan. Hal itu diketahui nasabah saat akan melakukan transaksi di mesin ATM.

Kepala Cabang Bank Riau Kepri Batam, Baharuddin mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

“Segera kami akan laporkan, tim legal kami baru tiba di Batam hari ini karena kasus skimming ditangani oleh kantor pusat,” ujarnya, Selasa (10/05/2022).

Atas kejadian itu, pihak Bank Riau Kepri meminta maaf atas ketidaknyamanan dalam bertransaksi keuangan akibat kasus skimming.

“Saat ini bank dalam proses pendataan nasabah dan bank menjamin simpanan seluruh nasabah tetap aman, dan seluruh nasabah tidak perlu panik atau khawatir karena bank bertanggung jawab atas seluruh kerugian nasabah yang terbukti menjadi korban skimming,” kata Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Riau Kepri Pusat, Edi Wardana.

Pihak bank mengatakan, ada tiga mesin ATM yang diindikasikan telah tertanam skimmer, dalam melakukan aksi skimming oleh para pelaku kejahatan.

“Laporan saat ini ada tiga mesin ATM yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya,” lanjutnya.

Walau belum dapat merinci lokasi dari ketiga mesin ATM yang dimaksud, pihak Bank Riau Kepri disebutkan akan menurunkan tim khusus yang bertugas melakukan investigasi.

Pihaknya juga masih menunggu laporan dari nasabah yang mengetahui hilangnya uang dari rekening mereka. (ib)