Kirim Surat ke PBB, Turki Resmi Ubah Nama Internasional dari Turkey Jadi Turkiye

Turki resmi mengganti nama internasional dari Turkey jadi Turkiye. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Turki telah mengirimkan surat ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengubah namanya menjadi “Turkiye” pada Kamis (2/6/2032).

Mengutip CNNIndonesia.com, perubahan tersebut dilakukan Turki untuk mengubah citra negara mereka dan memisahkan nama negaranya dengan sebutan burung dan kata berkonotasi negatif lain.

Sebagaimana diberitakan Associated Press, Presiden Recep Tayyip Erdogan menilai penggunaan kata “Turkiye” bakal menggambarkan budaya dan nilai Turki dengan lebih baik.

Pemerintahan Erdogan telah melakukan berbagai cara untuk mengubah nama Turki jadi Turkiye di mata internasional.

Sebelum Turki mengirim surat ke PBB, mereka sempat merilis video promosi pariwisata untuk memperkenalkan sebutan “Turkiye.” Dalam video tersebut, turis dari berbagai negara mengucapkan kalimat “Halo Turkiye” dari berbagai destinasi terkenal.

Tak hanya itu, Erdogan menginginkan setiap produk ekspor Turki ditulis dengan kalimat “Made in Turkiye [buatan Turkiye]” bukan “Made in Turki.”

Pemerintah juga menggunakan kata “Turkiye” dalam dokumen resmi.

Kata “Turkiye” sendiri dipilih karena menggunakan abjad dan bahasa Turki.

Sementara itu, masih belum jelas apakah perubahan nama Turki menjadi Turkiye bakal sering digunakan komunitas internasional.

Merujuk pada kasus Republik Ceko, negara itu sempat mendaftarkan sebutan negara mereka yang lebih pendek, yani Czechia, pada 2016 lalu. Walaupun demikian, banyak institusi internasional yang masih menyebut Czechia sebagai Republik Ceko. (ib)