Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Mamuju, Plafon Gedung Casis Polri Polda Sulbar Ambruk

Plafon gedung Casis Polri Polda Sulbar ambruk akibat gempa 5,8 magnitudo di Mamuju Sulawesi Barat, Rabu 8/6/2022). (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Gempa berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (8/6/2022) sekira pukul 13.32 WITA, membuat sejumlah gedung alami kerusakan. Salah satunya adalah Gedung PKK Pemkab Mamuju.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gedung tersebut digunakan oleh Polda Sulbar untuk proses seleksi penerimaan calon siswa Bintara Polri (Casis) pada 2022.

Saat gempa terjadi, seluruh peserta casis dikabarkan berada dalam gedung. Plafon gedung yang tiba-tiba ambruk membuat peserta casis berhamburan ke luar gedung untuk menyelamatkan diri.

Plafon gedung Casis Polri Polda Sulbar ambruk akibat gempa 5,8 magnitudo di Mamuju Sulawesi Barat, Rabu (8/6/2022)

“Itu gedung PKK ambruk,” kata Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Syamsu Ridwan dikutip dari Liputan6.com.

Belum diketahui pasti apakah dalam insiden tersebut terdapat korban jiwa. Syamsu mengaku hingga kini pihaknya masih mencari tahu terkait hal tersebut.

“Kami masih sementara mencari tahu dampak gempa,” ungkapnya.

Di tempat lainnya, warga setempat panik berhamburan ke jalan. Sebagian warga bahkan menuju ke arah pegunungan karena guncangan terasa sangat kencang dan khawatir gempa susulan.

“Sebagian besar masyarakat di Mamuju masih panik, memilih mengamankan diri di ketinggian ke arah pegunungan,” ujar Idrus, warga Mamuju seperti dikutip dari detikSulsel, Rabu (8/6/2022).

Menurut Idrus, sejumlah warga langsung berlarian ke arah gunung karena adanya informasi simpang siur soal akan terjadinya gempa susulan. (es)