Pertemuan Prabowo dan Kasau Prancis, Bahas Program Akuisisi Alutsista

Menhan Prabowo dan KASAU Prancis. Ft Kemenhan

AlurNews.com – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Udara dan Antariksa Prancis, Général d’Armée Aérienne Stéphane Mille di Kemhan, Jakarta, Senin (11/7/2022), membahas program akuisisi Alutsista.

“Prancis merupakan mitra strategis utama bagi Indonesia. Tidak hanya geopolitik saja tapi juga geostrategi,” kata Prabowo, Selasa (11/7/2022) dilansir dari laman Kemenhan. 

Hubungan Indonesia dan Prancis saat ini sangat akur dan baik. Sebab, Prancis menyokong dan mendukung modernisasi alutsista Indonesia.

Program kerjasama antar dua negara ini tidak ini saja. Tapi, Indonesia juga sedang mengupayakan program akuisisi alutsista dari Prancis, sehingga meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia melalui kegiatan transfer teknologi dan kerjasama. 

Prancis, kata Prabowo memiliki peran strategis dalam meningkatkan stabilitas perdamaian dan keamanan di Indo Pasifik.  Selain itu, sejauh ini hubungan mengalami peningkatan dalam berbagai bidang. Kunjungan General Mille ini, bentuk menyukseskan hubungan bilateral antar kedua negara. 

Sebelumnya, pada 10 Februari 2022 di Jakarta, Indonesia dan Prancis telah menandatangani beberapa MoU di bidang kerja sama pertahanan.

Pertama, antara Kemhan dengan Dassault Aviation. Kedua, MoU kerja sama di bidang riset dan pengembangan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dan Naval Group.

Ketiga, kerjasama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad (Persero) dan Nexter Munition. Keempat, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT Len Industri (Persero) dan Thales Group.