Puluhan Musisi Ramaikan Batam Jazz Fest 2022

Batam Jazz Festival 2022. (Foto: sudutbatam.com/Fadhil)

AlurNews.com – Sejumlah musisi jazz lokal Batam tampil di Batam Jazz Fest 2022 di tengah Taman Dang Anom, Batam Center, Kota Batam, Sabtu, 30 Juli 2022. Musisi ini tergantung dalam sejumlah band, antara lain Volans Band, Tanjung Uma Band, Fellowship Band, Malaycoustik Band dan X-soul Band.

Dengan berlatarkan pepohonan dan sunset di Taman Dang Anom yang berada di tengah perlintasan Jalan Raya Simpang Jam Kota Batam, para personel band sudah mulai tampil sejak sore hari. Saat para musisi jazz itu mulai unjuk kebolehan, penonton ikut bergoyang.

Mengutip Tempo.co, personel band Volans, Erik mengatakan, tidak semua musik jazz diterima oleh masyarakat, sehingga ketika tampil di panggung lebih banyak menampilkan lagu reguler biasa. “Perkembangan musik jazz di Batam luar biasa, apalagi musik ini soal selera,” katanya.

Sebagai seniman, Erik mengaku, membawakan jazz cukup sulit, berbeda dengan musik reguler lainnya. “Kalau seperti memasak, semua orang bisa masak, tetapi tidak semuanya bisa masak enak,” ujar kibordis Violand Band tersebut usai tampil.

Serupa dengan pendapat Geo, vokalis Violand. Ia sudah menyukai musik jazz sejak kecil. “Bagi saya musik jazz ini akarnya, di Batam roh musik jazz itu masih ada sampai sekarang, hanya perlu dieksplor lagi,” katanya.

Batam Jazz Fest juga menampilkan salah satu musisi senior jazz Kota Batam Hepi Sobirin. Ia tampil bersama grup band Tanjung Uma.

Menurut Hepi, musik jazz cukup sulit berkembang. Musik kerap mengikuti selera masyarakat agar tetap komersial. “Sedangkan jazz minatnya memang kepada personal masing-masing,” kata Hepi yang juga memiliki studio kursus mengajar musik jazz. “Mudah-mudahan selamat membawakannya, karena membawakan musik jazz rumit,” kata Hepi.

Hepi juga mengembangkan musik jazz melayu di Kota Batam. Ia berpendapat, musik jazz bisa digemari di Batam melalui kegiatan Batam Jazz Fest. “Ya kalau manggung besar di sini doang, sekali setahun, kalau tidak di tempat latihan aja pas istirahat bawakan jazz,” katanya.

Hepi juga menegaskan, musik jazz bukanlah musik untuk orang kaya seperti yang banyak tersebar di masyarakat. “Musik jazz bukan untuk orang kaya harta, tetapi untuk orang kaya pemikiran,” katanya.

Batam Jazz Fest 2022 digelar dua hari dari hari ini dan besok, Ahad, 31 Juli 2022. Tidak hanya menampilkan band jazz, juga terdapat kuliner UMKM di depan panggung. Begitu juga terdapat wahana bermain anak-anak agar tak risau mengajak keluarga menikmati jazz. (ib)