BMKG Perkirakan Batam Akan Diguyur Hujan hingga Pekan Depan

Ilustrasi hujan. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan, Geofisika (BMKG) kelas I Hang Nadim Batam memperkirakan hujan deras akan mengguyur Kota Batam hingga pekan depan.

Kepala Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, mengatakan bahwa peningkatan intensitas hujan ini, disebabkan labilitas atmosfer lokal yang cukup kuat mendukung proses pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau.

“Secara umum kondisi wilayah di Kepri berawan hingga berpotensi hujan deras disertai petir dan angin kencang,” kata Suratman Selasa (2/8).

Suratman menjelaskan, untuk kecepatan angin diperkirakan mulai dari 10 kilometer per jam hingga 30 kilometer per jam.

Ia mengimbau masyarakat perlu mewaspadai potensi genangan air hingga banjir, yang dapat terjadi pasca hujan di wilayah Kepulauan Riau. Peringatan ini dikeluarkan, disebabkan intensitas hujan mulai dari sedang hingga lebat secara terus-menerus di Kepulauan Riau.

“Waspada potensi angin serta tumbangnya pohon-pohon yang rapuh atau sudah tua,” ujarnya.

Suratman menyebutkan bahwa untuk masyarakat yang hendak beraktivitas diluar rumah agar mempersiapkan diri seperti membawa payung atau jas hujan.

“Bagi yang berkendara terutama roda dua agar selalu berhati-hati dalam berkendara karena kondisi jalan licin diguyur hujan,” ujarnya. (Bob)