Pengendara Motor Wajib Siapkan Mantel, Besok Pagi Batam Diprediksi Hujan

Pengendara sepeda motor pakai mantel saat hujan. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Warga Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), diimbau untuk mempersiapkan mantel atau payung guna menghadapi cuaca pada, Selasa (23/8/2022) besok.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dilansir oleh Stasiun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kelas I Hang Nadim Batam, menyebutkan bahwa Kota Batam akan dilanda hujan dengan intensitas ringan sejak pagi hari.

“Besok dari pagi Batam akan dilanda hujan namun dengan intensitas ringan. Kita berharap agar masyarakat dapat melakukan persiapan sebelum berangkat menuju lokasi kerja masing-masing,” terang Prakirawan BMKG Batam, Muhammad Fauzan, Senin (22/8/2022).

Fauzan melanjutkan, potensi hujan ringan diprediksi dimulai sejak pukul 07.00 WIB, Selasa (23/8/2022) pagi, walau kondisi tersebut diakuinya tidak merata untuk seluruh Kecamatan yang ada di Batam.

Dari prakiraan pihak BMKG, potensi hujan ringan pada pagi hari tidak akan terjadi pada wilayah Nongsa dan Batam Kota.

“Sementara di Kecamatan lain pada jam tersebut kami mempresentasikan akan terjadi hujan ringan,” lanjutnya.

Sementara pada pukul 10.00 WIB, kondisi cuaca di seluruh wilayah Batam akan berubah menjadi berawan.

Namun potensi hujan akan kembali terjadi pada pukul 13.00 WIB, dan kali ini potensi hujan diprediksi akan terjadi secara menyeluruh.

“Pada jam yang dimaksud cuaca akan berubah kembali, dan hujan akan terjadi secara menyeluruh di Kota Batam,” paparnya.

Khusus untuk Kota Batam, prakiraan BMKG kondisi cuaca akan bertahan pada kelembaban minimal 70-95 persen, dengan kecepatan angin 5-30 kilometer per jam, dari arah Tenggara ke Selatan.

“Suhu udara sendiri untuk besok akan berkisar pada 24-31 derajat celcius,” ungkapnya.

Disinggung mengenai kondisi perairan untuk wilayah Kota Batam, Fauzan melanjutkan bahwa besok pihak BMKG memperkirakan bahwa perairan Batam masuk dalam kategori tenang.

“Untuk besok wilayah perairan Batam masuk kategori tenang, dengan tinggi gelombang 0,1-0,5 meter. Kecepatan angin 5-30 kilometer per jam, dari arah Barat menuju Barat Laut,” paparnya. (Sirait)