Manfaat Tomat untuk Merawat Kecantikan

Tomat merupakan buah yang kaya manfaat, salah satunya untuk kesehatan. Foto: Pixabay

AlurNews.com – Tomat merupakan buah yang kaya manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan tapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan.

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu tomat juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Dilansir dari stylecraze.com, setidaknya ada tiga manfaat yang bisa diperoleh dari tomat untuk wajah.

Baca juga : 5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

1. Mengobati jerawat

Tomat dapat digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara dijadikan masker. Caranya campurkan tomat dengan jojoba oil atau tea tree oil.

Tea tree oil berguna sebagai antiseptik. Sehingga mampu mengurangi infeksi jerawat. Sedangkan jojoba oil dapat mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga tak menyumbat pori-pori lagi.

Cara membuatnya, peras setengah tomat, campur dengan satu sendok teh jojoba oil dan lima tetes tea tree oil. Aduk sampai rata. 

Balurkan ke wajah sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lalu bilas dengan air dingin. 

2. Menghilangkan komedo

Untuk menghilangkan komedo, campur tomat dengan oatmeal dan plain yogurt. Oatmeal berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan semua kotoran yang menyumbat pori-pori.

Cara membuat nya, campurkan ekstrak tomat 1-2 sdm, 1 sdm oatmeal, dan 1 sdm plain yogurt. Aduk sambil dipanaskan sampai hangat.

Setelah didiamkan hingga dingin, aplikasikan pada wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air biasa. Masker ini bisa digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu. 

Baca juga : Pemasangan Gigi Palsu Ditanggung BPJS Kesehatan?

3. Mengurangi Mata Panda

Campurkan tomat dengan gel lidah buaya untuk mengurangi mata panda.

Cara membuatnya mudah. Campurkan 1 sdt air tomat dengan beberapa tetes gel lidah buaya hingga rata. 

Setelah itu, aplikasikan pada mata kemudian diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa menggunakannya sekali atau dua kali dalam sehari.