Ini Dia Sosok Inisiator Muswil dan Temu Alumni IKA Unhas Kepri

Sudirman Saad. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Musyawarah Wilayah IKA Unhas dan Temu Alumni IKA Unhas Kepri yang diselenggarakan di Hotel Premier Best Western Panbil pada Sabtu (17/9/2022), berjalan semarak dengan dihadiri ratusan alumni dari berbagai jurusan di Kota Batam serta berbagai kabupaten kota di Provinsi Kepri.

Pembentukan wadah Alumni dan temu IKA Unhas diinisiasi oleh oleh Sudirman Saad, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi yang juga merupakan alumni Unhas Fakultas hukum tahun 1982.

Sudirman menyebutkan bahwa Musyawarah Wilayah IKA Unhas Kepri ini untuk mempererat silaturahmi 435 orang alumni di Kepri yang tersebar di kabupaten dan kota, dimana didominasi sebaran alumni paling banyak di Kota Batam.

“Ini termasuk banyak jumlah alumni kita di sini. Jika dibandingkan di wilayah lainnya seperti di Pulau Jawa, Kepri termasuk banyak,” ujarnya.

Musyawarah wilayah dan temu alumni IKA Unhas Kepri ditargetkan bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan Kota Batam dan Provinsi Kepri. Alumni Unhas yang berada di Kota Batam banyak merupakan alumni fakultas teknik dengan keahlian perkapalan diharapkan bisa menggairahkan kembali galangan kapal.

Dari data yang dimiliki oleh IKA Unhas Kepri, ada 435 orang alumni dimana didominasi fakultas teknik dengan 365 yang tersebar di Kota Batam.

Kontribusi alumni Unhas di Batam terutama di bidang galangan kapal sangat intensif, bahkan beberapa produk yang menurut saya sangat padat modal bisa dihasilkan teman-teman alumni. Batam ini adalah wilayah strategis dan berbatasan dengan negara tetangga dan alumni Unhas yang banyak dari fakultas teknik bisa memfokuskan sektor Kemaritiman,” ujarnya.

Sudirman optimistis dengan banyaknya alumni Unhas yang bergerak di bidang maritim di Kota Batam bisa diwarnai oleh almamaternya itu. Apalagi Unhas juga merupakan salah satu kampus yang menonjol di kemaritiman hingga keilmunya bisa bermanfaat bagi wilayah Kota Batam dan provinsi Kepri yang 96 persen merupakan laut.

“Pembangunan infrastruktur maritim bisa digenjot bersama alumni Unhas yang ada,” ucapnya.

Selain itu dalam muswil dan temu alumni Unhas juga dilakukan MoU dengan BP Batam, sehingga menjadi salah satu upaya Unhas untuk ikut membangun sumber daya manusia di Kota Batam dan Kepri.

“MoU ini karena membutuhkan BP Batam, BP Batam membutuhkan Unhas,” tutupnya.
(Bob)