Disdik Kepri Bangun 143 RKB Tahun Ini, Terbanyak di Batam

Kepala Disdik Kepri, Andi Agung. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri membangun 143 ruang kelas baru (RKB) untuk satuan pendidikan SMA/SMK. Pembangunan terbanyak di Kota Batam dengan 108 RKB.

Kepala Disdik Kepri Andi Agung optimistis pembangunan 143 RKB akan rampung tahun ini.

“Pembangunannya sedang berjalan. Kami yakin selesai akhir tahun ini,” ujarnya, Jumat (30/9/2022) dikutip dari Antaranews.com.

Ia menambahkan, pemerataan infrastruktur pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepri

108 RKB dibangun di Kota Batam karena jumlah penduduk yang padat, yaitu mencapai sekitar 1 juta jiwa. Sementara selebihnya tersebar di enam kabupaten/kota se-Provinsi Kepri.

Agung mengatakan, anggaran pembangunan infrastruktur pendidikan tersebut sebesar Rp44,3 miliar. Dana itu diperuntukkan bagi penambahan 43 RKB SMA yang dialokasikan dari program Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Adapun PA sebesar Rp12,8 miliar. Pembangunan RKB akan dilakukan di Bintan, Lingga, Batam, Tanjungpinang, dan Natuna,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, ada pembangunan 8 RKB untuk SMA Negeri 25,26,27, dan 28 di Kota Batam. Pekerjaan ini menggunakan anggaran daerah sebesar Rp2,5 miliar. Kemudian untuk penambahan 86 RKB SMK dialokasikan sejumlah Rp29 miliar.

“Pembangunan dilakukan di Bintan, Lingga, Batam, dan Tanjungpinang. Dengan rencana-rencana ini, diharapkan bisa mengatasi persoalan daya tampung sekolah,” katanya. (ib)