Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Dahsyat!

Manfaat Jahe.
Jahe punya banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan. Foto: Pixabay.

AlurNews.com – Jahe punya banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kecantikan. Mulai dari pudarkan bekas luka sampai menyuburkan rambut. 

Bahan alami ini biasanya memang dikenal sebagai bumbu. Selain itu juga disebut sebagai tanaman obat. Rasanya yang pedas juga enak diseduh untuk menghangatkan tubuh.

Lalu, kalau untuk kecantikan bisa untuk apa saja? Dilansir dari Byrdie, ini dia manfaat jahe untuk kecantikan yang belum banyak diketahui.

Baca juga : Menikmati Pijat Bekam Jahe di Sharon Health and Wellness Batam

1. Meremajakan kulit

Jahe punya kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, jahe dapat menghindarkan penuaan dengan cara dikonsumsi langsung maupun mengoleskannya secara topikal. 

Manfaat lainya jahe adalah meratakan warna kulit dan meningkatkan elastisitas. Jika dipakai secara teratur kulit akan terlihat lebih muda dan cantik.

Untuk di wajah, Anda dapat menggunakannya sebagai masker. Caranya dengan mencampurkan jahe parut dengan madu dan jus lemon. Balurkan ke wajah, lalu diamkan hingga 30 menit lalu bilas. Pakai setiap dua minggu sekali untuk hasil lebih baik.

2. Memudarkan bekas luka

Kandungan antioksidan yang ada di jahe juga mengurangi munculnya bekas luka hipopigmentasi. Bekas luka jenis itu terlihat lebih putih dan lebih cerah daripada warna asli kulit.

Caranya mudah, cukup oleskan seiris jahe segar ke bekas luka itu. Biarkan sampai kering. Lakukan setiap hari 1-2 kali. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa bulan.

3. Mengurangi selulit

Jahe dapat merangsang sirkulasi dan mengencangkan kulit makanya bisa mengurangi selulit. Caranya parut jahe sampai menjadi 2 sendok makan. Campur dengan setengah gelas gula, seperempat gelas minyak zaitun dan lemon. Gunakan sebagai lulur. 

Baca juga : 5 Manfaat Sit Up untuk Tubuh

4. Menyuburkan rambut

Beberapa sampo yang dijual seringkali menggunakan ekstrak jahe. Itu karena jahe memang punya manfaat menyuburkan dan menguatkan rambut. 

Kandungan vitamin, mineral dan asam lemak yang ada pada jahe dapat memperkuat helaian rambut sehingga mengurangi kerontokan. 

Caranya cukup campurkan jahe parut dengan minyak jojoba dengan jumlah perbandingan yang sama. Oleskan campuran itu pada kulit kepala sambil dipijat. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Menghilangkan ketombe

Tak hanya untuk rambut, jahe juga bermanfaat menghilangkan ketombe di kulit kepala. jahe punya kandungan antiseptik. Kandungan itu dipercaya dapat menghilangkan ketombe.

Caranya campurkan dua sendok jahe parut dengan 3 sendok minyak zaitun atau minyak wijen. Oleskan campuran itu ke kulit kepala. Biarkan selama 25 menit lalu bilas dengan bersih. Untuk hasil maksimal gunakan dua kali seminggu.