Oknum Bea dan Cukai Batam Diduga Pungli Tiap Minggu, ini Nominal Sekali Transfer

Lainnya, Rp. 8.000.000 ke rekening Bank Mandiri 109001398×××× atas nama inisial S. Kemudian, oknum Bea dan Cukai inisial S kembali menerima dugaan uang setoran melalui rekening yang sama dengan nominal yang sama juga sebesar Rp. 8.000.000.

baca juga: Bea Cukai Batam Terkesan ‘Tutup Mata’ Aktivitas Penyelundupan, AMI Kepri: Kami Akan Gelar Demo!

“Dana ini mereka (oknum Bea dan Cukai) minta seminggu sekali. Ini diluar uang rokok dan minum mereka” ujar sumber terpercaya AlurNews.com, Sabtu (22/10/2022).

Sebelumnya, Salah seorang pelaku penyelundupan kepada AlurNews.com, mengaku selama ini memberikan ‘tips’. Namun, meskipun sudah memberikan, tidak ada garansi bisa melenggang bebas.

“Yang penting tips – nya bang, kalau tidak bisa ditangkap,” kata salah seorang penyelundup yang enggan namanya disebutkan, Sabtu (22/10/2022).

Namun kata dia, walaupun demikian, ia telah menyerahkan, masih saja ada rasa was – was. Sebab, tips yang telah diserahkan tidak menjamin situasi bisa langsung berubah seketika.

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, Rizki Baidillah meminta agar informasi tersebut dapat dilaporkan ke unit kepatuhan internal Bea dan Cukai Tipe B Batam.

baca juga: Diduga Muat HP Ilegal, BC Batam Amankan Kargo Karuniya Jaya

Namun, pihaknya meminta agar dugaan kecurangan tersebut dapat dilaporkan dengan bukti kuat.

“Pasti akan direspon dan ditindaklanjuti, apalagi dengan bukti transfer dan rekening jelas pasti tidak bisa mengelak. Jadi komitmen kami jelas jika ada anggota yang bermain, silahkan laporkan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (22/10/2022) sore.