5 Manfaat Madu yang Jarang Diketahui

madu
Ilustrasi, manfaat madu. F Pixabay.

AlurNews.com – Madu merupakan obat rumahan yang dianggap sebagai makanan terbaik di dunia. Tidak hanya sebagai pemanis, sudah lama madu dikenal punya banyak manfaat. Baik untuk kecantikan hingga kesehatan.

Madu merupakan obat tradisional yang banyak dipakai di seluruh dunia. Tapi ternyata masih banyak manfaat madu yang jarang dieksplor. Dilansir Pinkvilla ini manfaat madu yang jarang diketahui orang.

1. Mengatasi eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit merah, gatal, dan bersisik yang tidak nyaman. 

Baca juga : Manfaat Jahe untuk Kecantikan, Dahsyat!

Madu ternyata jadi obat mujarab untuk mengatasi eksim. Campuran madu mentah dan minyak zaitun dingin dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi eksim.Setelah dicampur, oleskan ke kulit. 

Madu juga dapat digunakan sebagai scrub yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, caranya campur madu dengan gandum lalu gosokkan ke kulit.

2. Membantu masalah sinus

Meningkatnya tingkat polusi dan debu saat ini adalah penyebab banyak orang mengalami masalah yang berhubungan dengan sinus. 

Virus yang menyebabkan infeksi menyumbat sinus kita, menjebak udara dan lendir dan membuat tidak nyaman.

Baca juga : Manfaat Ajaib Es Batu untuk Kecantikan 

Karakteristik antibakteri dan antiseptik yang secara alami ada dalam madu dapat membantu membersihkan infeksi dan mengurangi peradangan. 

Madu juga menenangkan tenggorokan, mengurangi batuk, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi episode sinus.

3. Sumber energi

Madu terkenal sebagai sumber energi alami karena gula alami yang belum diproses yang dikandungnya langsung memasuki aliran darah dan dapat memberikan energi yang cepat. 

Baca juga : Manfaat Main Catur, Otak Jadi Sehat

4. Membantu mengobati penyakit gusi

Sifat antibakteri dan penyembuhan infeksi pada madu membantu mengobati luka dan mempercepat penyembuhan. Madu dapat digunakan untuk mengobati gangguan gusi seperti gingivitis. 

Madu bertindak sebagai agen anti-mikroba untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan dapat meredakan pembengkakan di gusi dan mengurangi rasa sakit. 

5. Tidur lebih nyenyak

Mengalami kesulitan untuk tidur? Anda harus mencoba minuman susu hangat dan madu sebelum tidur. Beberapa sendok madu juga bisa dikombinasikan dengan teh spirulina dapat meningkatkan kualitas tidur.