Bahan Herbal untuk Mengurangi Bau Mulut

Teh Hijau
Teh hijau salah satu bahan herbal kurangi bau mulut. F Pixabay.

AlurNews.com – Bau mulut merupakan hal yang dapat mengurangi rasa percaya diri apalagi jika sedang berada atau bersama orang lain. Untuk mengantisipasinya ada beberapa bahan herbal untuk mengurangi bau mulut.

Karena napas yang buruk, Anda mungkin merasa sulit untuk berbicara dengan seseorang. Lebih buruk lagi adalah ketika Anda tidak menyadarinya dan orang lain memberi tahu Anda tentang hal itu.

Penyebab bau mulut bukanlah rahasia di antara yang paling umum adalah lidah berlapis, kerusakan gigi, penyakit gusi, dan kebersihan mulut yang buruk. 

Semua makanan bisa tersangkut di gigi Anda, tapi bawang merah dan bawang putih dapat menyebabkan bau mulut. 

Baca juga : Hilangkan Flek di Wajah dengan Bahan Alami

Berikut ini 5 bahan herbal untuk mengurangi bau mulut dilansir Pinkvilla.

1. Minum air

Mulut kering dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah dehidrasi. Salah satu cara terpenting untuk mencegah bau mulut adalah dengan minum air putih setiap hari. 

Akan lebih mudah untuk membasuh kuman yang menghasilkan bau tidak sedap jika mulut Anda lebih lembab. 

Air liur membantu menjaga kebersihan mulut dan menghambat pertumbuhan kuman jahat. Jika Anda memiliki kecenderungan untuk bangun dengan napas pagi, ini sangat berguna.

2. Mengunyah cengkeh

Cengkeh membantu menyegarkan nafas dan melawan kuman penyebab gigi berlubang. 

Anda benar-benar dapat menyegarkan napas secara instan dan membuatnya menyenangkan dengan hanya mengisap atau mengunyah beberapa cengkeh beberapa kali sehari. 

Ini secara bertahap memudarkan bau mulut secara permanen dengan mencegah pertumbuhan kuman yang menyebabkannya.

Baca juga : 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Superfood!

3. Minum teh hijau

Teh hijau bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda. Menurut penelitian, antioksidan teh hijau melawan berbagai penyebab bau mulut. Khususnya, polifenol mengurangi kuman dan senyawa belerang yang menyebabkan bau mulut. 

Sebelum tidur, buat dua cangkir teh dan biarkan meresap di lemari es sepanjang malam. Isi botol air dengan teh dingin Anda, lalu bawa ke tempat kerja. Duduk dan minumlah secara bertahap sepanjang hari untuk mencegah bau mulut.

4. Makan biji adas

Beberapa rempah-rempah memiliki minyak esensial yang beraroma. Setelah konsumsi bawang putih dan makanan pedas lainnya, mereka dapat membantu menutupi bau napas. 

Serupa dengan ini, biji adas memberikan minyak esensial harum dengan kualitas antimikroba yang dapat membantu Anda bernapas lebih baik. 

Biji adas yang gurih meningkatkan produksi air liur, yang membantu menghancurkan mikroorganisme berbahaya. Penambahan bahan ini ke dalam teh juga dapat digunakan untuk membuat minuman pembersih langit-langit mulut.

Baca juga : Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

5. Konsumsi yoghurt

Yogurt mengandung Lactobacillus, bakteri yang bermanfaat. Usus hanya satu wilayah di mana bakteri menguntungkan ini dapat membantu tubuh Anda melawan mikroba patogen. 

Pastikan yogurt Anda rendah gula, seperti yogurt tawar atau tanpa lemak, karena ini dapat membantu mengurangi bau mulut. Gula secara alami dapat memberi makan bakteri, yang merupakan penyumbang besar bau mulut, jadi hindari yogurt manis daripada gunakan probiotik.