3 Obat Alami untuk Meredakan Flu dan Pilek

Manfaat Jahe.
Jahe punya banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan. Foto: Pixabay.

AlurNews. com – Flu dan pilek merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Baru gejala saja sudah bikin tubuh tidak nyaman. Tapi ternyata flu dan pilek ini bisa diredakan dengan obat alami yang ada di rumah lho.

Biasanya flu dan pilek diikuti oleh tenggorokan gatal dan bersin. Selain itu hidung juga tersumbang dan berair. Tenggorokan gatal pun menyebabkan batuk yang sangat tidak nyaman.

Saat flu dan pilek datang aktivitas pun akan terganggu. Selama masa-masa tersebut sistem kekebalan di dalam tubuh bekerja sangat keras.

Untuk membantu meningkatkan imun tubuh dan meredakan flu dan pilek ada beberapa obat rumahan yang bisa Anda coba. Ini dia obat alami untuk meredakan flu dan pilek dilansir Pinkvilla.

Baca juga : Apa Benar Minum Es Bisa Picu Batuk dan Flu?

1. Teh jahe

Jahe mengandung senyawa yang dikenal sebagai gingerol dan shogaol. 

Beberapa potong jahe segar mentah dalam air mendidih atau buat sebagai teh dapat membantu meredakan gejala pilek dan flu. 

Sambil menjaga Anda tetap terhidrasi, teh jahe juga menenangkan sakit perut.

2. Susu dan kunyit

Banyak ahli menyarankan untuk menggunakan susu dan kunyit untuk meringankan flu dan pilek.Caranya ambil satu sendok teh kunyit dalam segelas susu hangat setiap hari untuk mencegah pilek dan flu. 

Kunyit dikenal luas karena efek anti-inflamasi dan antioksidannya. Oleh karena itu dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kesehatan seperti gangguan pernapasan, peradangan, ketidaknyamanan sendi, gangguan hati, gangguan pencernaan, bahkan diabetes.

Baca juga : Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar ala Menkes

4. Madu, air jeruk nipis dan air

Jeruk nipis membantu membersihkan lendir, membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Sedangkan madu mengandung peroksida yang membersihkan kuman penyebab virus.

Madu dan jeruk nipis adalah campuran yang sangat baik untuk meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Menambahkan madu ke dalam air jeruk nipis hangat adalah cara paling efektif untuk mengobati pilek dan batuk biasa.