Konsumsi 4 Makanan dan Minuman Ini, Tidur Jadi Berkualitas

Kiwi
Kiwi dipercaya dapat membuat tidur menjadi lebih berkualitas. F Pixabay.

AlurNews.com – Tidur yang berkualitas merupakan salah satu metode untuk menjaga kesehatan. Tidur berkualitas mengurangi risiko penyakit tertentu, otak tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi orang dewasa, disarankan untuk tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam. 

Sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Entah karena stres atau karena suasana yang tidak kondusif untuk tidur.

Berikut 4 makanan dan minuman yang jika dikonsumsi sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur, dilansir laman Healthline.

Baca juga : 3 Makanan Alami yang Bikin Happy

1. Kacang almond

Kacang almond punya banyak manfaat bagi kesehatan. Makan kacang almond secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kacang almond juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena kacang almond mengandung hormon melatonin yang dapat mengatur jam internal dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidur.

Untuk takaran konsumsinya Anda cukup memakan 28 gram atau satu genggam sebelum tidur.

2. Teh chamomile

Chamomile adalah teh herbal populer yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Selain itu juga mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan yang sering menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung 

Ada juga beberapa bukti bahwa minum teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Selain itu, teh chamomile memiliki beberapa sifat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Chamomile mengandung apigenin. antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak dan dapat menyebabkan kantuk serta mengurangi insomnia.

3. Kiwi

Kiwi adalah buah yang rendah kalori dan sangat bergizi. Satu buah hanya mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi.

Makan kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Efek ini disebabkan oleh tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang terkandung dalam kiwi.

Menurut penelitian, kiwi juga bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk dimakan sebelum tidur. Makan 1-2 buah kiwi ukuran sedang sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama.

Baca juga : 3 Makanan untuk Mengatasi Rasa Sedih

4. Kenari

Makanan satu ini mengandung banyak nutrisi, menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral, selain 1,9 gram serat, dalam porsi 1 ons (28 gram). Kenari sangat kaya akan magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga 

Selain itu, kenari adalah sumber lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 dan asam linoleat. Mereka juga menyediakan 4,3 gram protein per ons, yang mungkin bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan.

Kacang kenari juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kenari dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Beberapa peneliti mengklaim bahwa makan kenari meningkatkan kualitas tidur, karena kenari adalah salah satu sumber makanan melatonin terbaik.

Susunan asam lemak kenari juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik. Mereka menyediakan asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 yang diubah menjadi DHA dalam tubuh. DHA dapat meningkatkan produksi serotonin.

Jika Anda kesulitan tidur, makan kacang kenari sebelum tidur dapat membantu. Sekitar segenggam kenari adalah porsi yang cukup.