4 Jenis Perawatan Rambut Berbahan Dasar Kelapa

Manfaat Kelapa untuk perawatan rambut.
Manfaat kelapa untuk perawatan rambut. F Pixabay.

AlurNews.com – Rambut tebal berkilau pasti jadi keinginan semua orang. Buat para wanita rambut adalah salah satu daya tarik yang bisa membuatnya lebih menarik. Berikut 3 jenis perawatan rambut berbahan dasar kelapa. Bisa bikin sendiri lho.

Sebagian besar masalah rambut yang sering dikeluhkan orang adalah rambut rontok. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena polusi, stres atau kurangnya perawatan,

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan permasalahan rambut lainnya adalah menggunakan perawatan berbahan dasar kelapa.

Dilansir Indiatimes, minyak rambut berbasis kelapa mengandung asam laurat yang baik untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengurangi rambut rontok.

Baca juga : Manfaat Jalan Kaki Usai Makan Malam

Berikut 4 jenis perawatan rambut berbahan dasar kelapa yang bisa Anda coba. Cara membuatnya mudah, bahannya juga murah.

1. Masker rambut minyak kelapa dan madu

Madu membantu mempertahankan kelembapan dan menambah kilau pada rambut. Masker rambut yang terbuat dari minyak kelapa dan madu ini bekerja sangat baik untuk kesehatan rambut. 

Caranya tambahkan satu sendok makan minyak rambut berbasis kelapa yang dipanaskan dan satu sendok makan madu alami ke dalam mangkuk. 

Aduk rata sampai terbentuk campuran yang homogen. Selanjutnya – oleskan masker rambut ini pada kulit kepala Anda serta biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas secara menyeluruh dengan air hangat untuk hasil terbaik.

2. Masker rambut minyak kelapa dan lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang membantu memproduksi kolagen. Kolagen dikenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca juga : 5 Manfaat Madu yang Jarang Diketahui

Selain itu, sifat antijamur lemon bekerja sangat baik untuk rambut berminyak dengan mengurangi minyak, menjaga kulit kepala tetap bersih dan membuka pori-pori. 

Untuk membuat masker ini, tambahkan satu sendok makan minyak rambut berbasis kelapa dan satu sendok makan jus lemon ke dalam mangkuk dan campur. Oleskan campuran ini ke rambut kering dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci rambut Anda dengan sampo rutin Anda.

3. Masker rambut kelapa dan pisang

Masker rambut lain yang mudah dibuat adalah kelapa dan pisang. Pisang membuat rambut kita lembut, mempertahankan elastisitas alami, dan mencegah rambut bercabang dan patah. 

Tambahkan setengah pisang dan 1 sendok makan minyak rambut berbasis kelapa ke dalam blender dan aduk rata. Setelah pasta halus terbentuk, kumpulkan dalam mangkuk dan pijat kulit kepala Anda dengannya. Kemudian, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan sampo.

Baca juga : Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

4. Masker rambut kelapa dan kuning telur

Jika Anda berjuang dengan rambut yang menipis dan tidak berkilau, masker rambut dari minyak kelapa dan kuning telur adalah pilihan yang tepat.

Kuning telur kaya akan vitamin yang memperbaiki rambut yang rusak dan mencegah kerusakan rambut lebih lanjut. 

Untuk membuat masker ini, tambahkan satu kuning telur ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 sendok makan minyak rambut berbasis kelapa ke dalamnya. 

Campur dengan benar dan oleskan masker ke rambut basah. Sebaiknya gunakan shower cap agar masker tidak menetes. Biarkan selama 20 menit dan cuci dengan air dingin.