Video Viral Dibuangnya Berkas Lamaran Job Fair Batam, Benarkah?

Screen captur dari potongan video, yang menyebutkan mengenai berkas lamaran pencaker di Job Fair Batam 2022. F ist

AlurNews.com – Ribuan berkas lamaran para pencari kerja (pencaker) yang mengikuti Job Fair Batam 2022 lalu, diisukan diduga dibuang dan sempat menjadi viral mendapat tanggapan dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam.

Postingan viral di media sosial ini diketahui sempat diunggah oleh beberapa akun media sosial.

Unggahan tersebut terlihat sebuah mobil pick up berplat merah BP 8403 C, yang mengangkut berkas dengan map berbagai warna.

Selain itu, salah satu akun yang mengunggah video itu, juga menandai sejumlah akun media sosial lain pada unggahan tersebut. 

Baca juga : Ini Perusahaan yang Paling Banyak Dilamar Pencaker di Job Fair Batam

Tak hanya mengunduh saja, akun tersebut menuliskan “Ini apa miskahh? Lamaran job fair SP mau dibawa kemana,”. Video ini diunggah sejak Sabtu (19/11/2022). 

Atas unggahan ini menimbulkan ragam komentar netizen. 

Terkait video ini, Kadisnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan informasi tersebut adalah informasi hoaks atau menyesatkan.

Ia mengatakan sudah meminta para pemilik akun yang sudah mengunggah video tersebut, untuk segera menghapus postingan itu. 

“Saya pastikan ini hoaks. Saya minta pemegang akun IG ini segera take down, jangan buat masalah,” katanya. 

Baca juga : Job Fair 2022, Disnaker: 12 Ribu Pencaker Masukkan Lamaran

Rudi mengaku tidak main-main soal ini. Oleh sebab itu, ia meminta para pemilik akun segera mengunggah klarifikasi, atas video viral itu. 

“Kalau tidak diklarifikasi saya akan tempuh jalur hukum,” kata Rudi. 

Rudi mengaku tidak mengetahui mobil pickup yang viral itu berasal dari mana meski menggunakan plat merah. Dia juga tidak mengetahui pasti berkas apa yang dibawa oleh mobil tersebut. 

“Bukan, kita tidak tahu itu berkas apa,” ujarnya.(Sirait)