Obat untuk Flu Agar Cepat Sembuh

Ilsutrasi. Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mempercepat kesembuhan saat flu. Foto: Pexels

AlurNews.com – Menyembuhkan flu tidaklah mudah. Tapi ada beberapa obat yang bisa mempersingkat waktu Anda saat menderita flu. Selain menggunakan suplemen ada beberapa perawatan diri yang bisa dilakukan untuk meringankan flu.

Berikut daftar pengobatan yang diketahui dapat meringankan flu dan membuatnya sembuh lebih cepat, dikutip dari laman Heatline.

Vitamin C

Baca juga: 3 Obat Alami untuk Meredakan Flu dan Pilek

Mengonsumsi vitamin C tidak mencegah flu. Namun, penelitian menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi durasi flu. Sebuah tinjauan studi tahun 2013 mencatat bahwa suplementasi teratur (1 hingga 2 gram setiap hari) mengurangi durasi pilek pada orang dewasa sebesar 8 persen dan pada anak-anak sebesar 14 persen. Ini juga mengurangi keparahan pilek secara keseluruhan.

Dosis harian yang direkomendasikan vitamin C adalah 90 miligram untuk pria dan 75 mg untuk wanita yang tidak hamil. Dosis pada batas atas (2000 mg) dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Jus bit

Sebuah studi pada tahun 2019 melacak 76 siswa yang berisiko terkena flu selama periode ujian akhir yang menegangkan. Mereka yang minum sedikitnya jus bit tujuh kali sehari menunjukkan gejala pilek lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

Jus bit mengandung nitrat makanan yang tinggi, jus ini meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh, yang dapat membantu melindungi Anda dari infeksi pernapasan.

Minuman probiotik

Meski studi tentang probiotik dan pilek terbatas, setidaknya satu studi menunjukkan bahwa meminum minuman probiotik yang mengandung Lactobacillus, L casei 431, dapat mengurangi durasi flu terutama yang berkaitan dengan gejala pernapasan.

Bakteri probiotik bervariasi dari produk ke produk, jadi periksa labelnya untuk mengetahui mana yang patut Anda beli.

Istirahat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan Anda untuk mendapatkan istirahat ekstra saat sedang flu.

Meskipun tergoda untuk mencoba dan meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan berolahraga, mungkin lebih baik untuk bersantai selama beberapa hari. Faktanya, jika Anda tidak cukup tidur setiap hari, Anda mungkin meningkatkan kerentanan.

Madu

Jika anak Anda kesulitan tidur nyenyak karena menderita flu, cobalah madu. Madu merupakan salah satu pengobatan paling andal untuk mengobati gejala flu.

Sebuah studi di tahun 2012 menunjukkan bahwa sesendok madu sebelum tidur dapat membantu anak-anak tidur lebih nyenyak dan mengurangi batuk di malam hari. Ini juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Pereda nyeri

Gejala pilek seperti batuk, bersin, pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sakit kepala dapat membuat Anda sulit beraktivitas di siang hari dan sulit beristirahat di malam hari.

Dekongestan, pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen, penekan batuk, dan antihistamin dapat mengatasi gejala sehingga Anda merasa lebih baik lebih cepat, meskipun infeksi virus tetap ada.

Perbanyak cairan

Minum banyak cairan selalu baik ketika Anda mencoba untuk menyingkirkan flu. Teh panas, air putih, sup ayam, dan cairan lainnya akan membuat Anda tetap terhidrasi, terutama jika demam.

Mereka juga dapat melonggarkan kemacetan di dada dan saluran hidung sehingga mudah bernapas.

Hindari kafein dan alkohol, karena dapat membuat Anda dehidrasi, dan dapat mengganggu tidur dan istirahat yang bermanfaat untuk pemulihan. (Pije)