Kemenag Batam Sambut Baik Penambahan Kuota Haji 2023

Rombongan kloter pertama JCH Embarkasi Batam tahun 2022 berangkat ke Tanah Suci, Rabu (15/6/2022). (Foto: AlurNews.com)

Alurnews.com – Kuota haji Indonesia akan bertambah pada musim haji tahun 2023 ini. Hal ini juga berimbas dengan penambahan kuota haji untuk Kota Batam.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar mengatakan, kuota Haji Kota Batam akan diperkirakan lebih dari 600 jamaah haji. Calon jamaah haji ini merupakan, calon jamaah yang tertunda keberangkatannya pada tahun 2022 lalu akibat pandemi Covid 19.

“Ya, akan ada penambahan kuota jamaah haji. Tetapi kami masih menunggu aturan dari pusat bagaimana teknisnya,” ujarnya, Rabu (11/01/2023).

Ia menjelaskan, begitu pula dengan ongkos naik haji, walaupun ada tanda-tanda kenaikan biaya, pihaknya masih menunggu aturan dari pusat. Sebagai informasi biaya haji Embarkasi Batam tahun 2021 sebesar Rp37 juta, sementara tahun 2022 naik menjadi Rp39 juta.

“Untuk biaya juga masih menunggu aturan dari pusat. Ada kenaikan atau tidak,” katanya.

Zulkarnain berharap tahun ini calon jamaah haji Kota Batam dapat diberangkatkan dengan kuota yang lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Karena pada tahun 2022 banyak calon jemaah haji yang gagal berangkat dikarenakan pembatasan jumlah kuota jamaah.

“Kami menyambut baik dengan adanya penambahan kuota jemaah haji tahun ini,” ucapnya. (Adri)