Edy Rahmayadi Minta Warga Sumut Tidak Manja di Perantauan

Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi saat menghadiri pelantikan pengurus Ikabsu Kota Batam, Jumat (3/2/2022). (Foto: Alurnews.com)

AlurNews.com – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meminta agar para perantau dari Provinsi Sumut tidak menjadi manja dan cengeng saat berada di perantauan.

Hal ini disampaikannya saat pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Sumatera Utara (Ikabsu) di Dataran Engku Putri Batam Center, Jumat (3/1/2023) malam.

Edy menilai Provinsi Kepulauan Riau terutama Kota Batam menjadi salah satu tujuan merantau bagi warga Sumut yang ingin mencari lapangan pekerjaan, selain Ibukota Jakarta.

“Saya minta orang Sumut di perantauan tidak boleh cengeng. Harus siap, semangat, tegar dan kuat,” tegasnya.

Menurut Edy, letak strategis Kota Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, merupakan satu poin tambahan lain bagi para perantau dari Sumut yang ingin mengadu nasib.

Walau demikian, ia juga mengingatkan agar warga Sumut juga harus dapat berkontribusi bagi kemajuan di Kota Batam dan Provinsi Kepri.

“Pemimpin kita butuh masukan positif untuk membangun Batam lebih baik lagi. Dorong Walikota, jangan sebaiknya. Mengingat, kehadiran warga Sumatera Utara di perantauan untuk membantu menyelesaikan semuanya,” lanjutnya.

Terpisah, Ketua Umum Ikabsu Kota Batam Udin P. Sihaloho menyampaikan kebahagiaan atas kehidupan yang sudah dirasakan selama berada di Kota Batam. Udin bahkan menilai, Batam secara sosial, menggambarkan kota yang jadi cerminan Indonesia mini.

Dimana keberagamaan suku dan agama, memberikan gambaran bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, seperti apa masyarakat Indonesia, bisa dilihat di Kota Batam.

“Kita sebagai masyarakat juga akan selalu bersinergi dengan pemerintah membangun Batam. Ikabsu Batam sebagai elemen masyarakat dari berbagai suku dan agama, yang berasal Sumatera Utara di Batam, akan selalu bersama pemerintah, berpartisipasi dalam membangun Batam,” tegasnya.

Udin menyebut, pihaknya juga turut mendorong agar Kerjasama antara Provinsi Kepri, terutama Kota Batam dengan Provinsi Sumatera Utara, semakin ditingkatkan.

Dimana Sumatera Utara bisa memanfaatkan Batam sebagai pintu ekspor hasil pertanian ke negara tetangga, Singapura.

“Saling menguntungkan, karena Sumut merupakan daerah penghasil pangan. Dimana hasil bumi dapat dimanfaatkan oleh Batam. Sementara selebihnya, bantuan dari Batam juga dapat membantu para petani di Sumut untuk melakukan ekspor ke tetangga,” sebutnya. (Sirait)