Peringati HPN, Amsakar Ajak Insan Media di Batam Hadirkan Berita Terpercaya

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad berharap seluruh insan media di Kota Batam semakin mempererat silaturahmi dan kekompakan dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, Amsakar juga kembali mengingatkan para insan media di Batam, agar tetap menjadi agen dan filter dalam menangkal setiap berita berpotensi hoaks, terutama menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Dalam memperingati Hari Pers Nasional 2023 ini. Saya mengharapkan seluruh awak media di Batam, agar tetap kompak dan sama-sama menjaga agar masyarakat Batam terhindar dari setiap isu berpotensi hoaks, yang kemudian dapat menimbulkan perpecahan,” terangnya, Kamis (9/2/2023).

Tidak hanya itu, Amsakar juga berharap, ke depannya hubungan insan pers dengan Pemerintah Kota Batam bisa terus terjalin harmonis, bersama ikut berkontribusi dalam membangun dan memajukan Kota Batam.

“Pers memiliki peran penting sebagai pilar daerah dalam pembangunan dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Selamat Hari Pers Nasional tahun 2023, bersama kita bisa mewujudkan Kota Batam yang lebih maju,” tuturnya.

Seperti diketahui, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Kamis (9/2/2023) dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara dan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Joko Widodo juga mengingatkan mengenai pemberitaan yang bertanggung jawab. Dimana saat ini keterbukaan informasi dapat dilakukan sebagai bentuk kebebasan bagi insan pers di seluruh Indonesia.

“Sekarang pers sudah mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya. Ini adalah masalah utama, yang harus dipikirkan bersama. Menurut saya membuat pemberitaan yang bertanggung jawab, karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya,” kata Jokowi.

Untuk itu, di tengah perkembangan teknologi yang masif saat ini, media arus utama menjadi salah satu pilar yang diharapkan mampu menangkal penyebaran berita hoax di masyarakat.

Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran, searching the truth dan membangun optimistis.

“Saya minta semua pihak, baik kepada lembaga pemerintah pusat dan daerah, BUMN, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, untuk mendukung keberadaan media arus utama,” sebutnya. (Sirait)