Pantau Harga Pasar, Amsakar: Harga Sayuran Sudah Turun

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad pantau harga sembako di Pasar Mega Legenda Batam Center, Selasa (14/2/2023). (Foto: AlurNews.com)

AlurNews.com – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyebut saat ini beberapa komoditi pangan alami penurunan harga. Hal ini berdasarkan pantauan harga pasar yang dilakukan Pemko Batam, Selasa (14/2/2023) siang di Pasar Mega Legenda Batam Center.

Dari beberapa komoditi pangan yang dimaksud, dua komoditi sayur yang mengalami penurunan harga adalah Bayam dan Kangkung. Sementara komoditi pangan lainnya disebut masih relatif stabil.

Kini sayur Bayam dibanderol dengan harga Rp20 ribuan dan kangkung Rp30 ribuan. Amsakar juga menyebut, kenaikan harga ini disebabkan pengaruh cuaca ekstrim yang terjadi beberapa minggu belakangan

“Bayam Rp20 ribuan, dan kangkung Rp30 ribuan. Kemarin sampai Rp35 ribu. Yang naik kemarin hanya sayur saja,” jelasnya.

Terkait harga jual komoditi pangan lainnya, Amsakar juga menyebutkan bahwa komoditi pangan untuk daging segar dan daging beku juga terpantau masih relatif stabil.

“Harga ikan dan daging stabil dan tidak mengalami perubahan signifikan,” lanjutnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid juga mendapati harga bahan kebutuhan pokok beras di Kota Batam masih dalam kisaran normal.

“Kalau di pasar fokus kami cek harga beras, Alhamdulillah di Pasar Tos 3000 saat ini stok beras masih mencukupi dan dari sisi harga masih normal di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET),”ujar Jefridin.

Usai melakukan pengawasan harga dan stok bahan pokok di pasar, Tim TPID Kota Batam melanjutkan ke Gudang Bulog, Batuampar.

“Stok yang ada di gudang bulog saat ini masih aman, dan nanti akan datang lagi sekitar 2.000 ton beras bulog, yang Insya Allah akan kami buat operasi pasar tersendiri menjelang puasa, untuk membantu menstabilkan harga beras di Kota Batam,” ungkap Jefridin.

Diketahui harga beras bulog di pasaran berkisar Rp45 ribu hingga Rp48 ribu, dan untuk bulog jenis premium dijual berkisar Rp55 ribu. Dengan ketahanan beras hingga 6 bulan.

Jefridin berharap, masyarakat tidak panic buying karena sampai saat ini kebutuhan beras di Kota Batam masih mencukupi.

“Kami juga mengimbau untuk tidak menaikkan harga sembako secara signifikan, agar ketersediaan dan stabilitas harga pangan masyarakat dapat terjaga dan merata di Kota Batam,” tegasnya. (Sirait)