Anggota DPRD Kepri Uba Ingan Sigalingging Sebut PT Ably Metal Terlalu Ceroboh

Uba Ingan Sigalingging, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Fraksi Partai Hanura. (Ft. Istimewa)
Uba Ingan Sigalingging, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Fraksi Partai Hanura. (Ft. Istimewa)

AlurNews.com – Anggota Komisi IV DPRD Kepri Uba Ingan Sigalingging mengatakan PT Ably Metal terlalu ceroboh. Pendapatanya ini terkait inisiden laka kerja yang menimpa pekerja PT Ably metal, Ahmad Madi.

Diketahui beberapa hari lalu pekerja tersebut tewas tertimpa besi dan nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Menurut Uba, Kepala Dinas Tenaga harus lebih memperhatikan perusahaan-perusahaan yang belum melaksanakan prosedur K3 secara benar, dan terus mengimbau perusahaan untuk menerapkan prosedur K3, dan perusahaan harus mentaati semua ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Polisi Periksa Rekaman CCTv Kasus Laka Kerja di PT Ably Metal

PT Ably Metal Indonesia memproduksi dan mengolah bahan daur ulang logam. Menuru Uba hal ini ini berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan kerja ini. Oleh karena itu pihak Dinas Tenaga Kerja perlu bersikap tegas dalam meminta pertanggungjawaban soal kurangnya prosedur K3.

“Kami minta kepada Dinas Tenaga Kerja untuk memperhatikan perusahaan-perusahaan yang belum melaksanakan prosedur K3 secara benar, dan terus mengimbau perusahaan untuk menerapkan prosedur K3, dan perusahaan harus mentaati semua ketentuan yang berlaku,” tegas Kader politik Partai Hanura tersebut Jumat (24/2/2023).

Uba menjelaskan, kesadaran untuk menetapkan K3 di PT Ably Metal sangat miris apalagi di lingkungan kerja di pengolahan besi scrap rawan timbul laka kerja

“Kurang menyadari mungkin PT Ably Metal, K3 tidak dijalankan hingga Ahmad Madi ahhirnya tewas akibat laka kerja,” kata Uba. (Rian)