Kabupaten Lingga Gagal Pertahankan Piala Adipura

piala adipura lingga
Penyerahan Piala Adipura. Kabupaten Lingga gagal mempertahankan Piala Adipura tahun 2022. Foto: Istimewa

AlurNews.com – Kabupaten Lingga pernah tercatat sebagai kabupaten yang sukses masuk dalam daftar penerima penghargaan lingkungan hidup yang paling bergengsi yaitu Adipura pada tahun 2017 dan 2018.

Namun sayangnya pada tahun 2022 Kabupaten Lingga gagal mendapatkan penghargaan Adipura, di kategori manapun.

Sebelumnya pada tahun 2017 Kabupaten Lingga, mendapat sertifikat Adipura yang merupakan tingkatan ketiga dalam penghargaan Adipura, kemudian pada tahun 2018 Kabupaten Lingga kembali naik ke level Piala Adipura yang masuk dalam kategori Kota Kecil penerima Adipura.

Baca juga: Hilang Kendali Mobil Ambulans di Lingga Terjun Bebas ke Jurang

Pada tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19, program penghargaan Adipura dihentikan sementara oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kemudian pada tahun 2022 program Adipura kembali di lakukan dan beberapa daerah di Kepulauan Riau, berhasil meraih Adipura untuk Kategori Kota Kecil.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah dan B3, Rosa Vivien pada media Briefing secara virtual beberapa waktu yang lalu menyampaikan, meskipun pada tahun 2020 dan 2021 tidak di umumkan penerima Adipura, namun Kementerian Lingkungan Hidup terus melakukan pemantaun pengelolaan sampah di 512 kabupaten/kota di Indonesia.

Seluruh data pengelolaan sampah daerah dan data lain terkait kegiatan Adipura disampaikan oleh daerah melalui aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN).

“Seluruh data pengelolaan sampah dan data lain terkait dengan kegiatan Adipura dari 514 kabupaten/kota sudah terintegrasi pada aplikasi SIPSN,” ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya pada tahun 2022 kemarin juga ada penyempurnaan sistem pembinaan Adipura. KLHK, melalui Direktorat Jenderal PSLB3 akan melakukan Pembinaan Kapasitas Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Dalam Rangka Peningkatan Klasifikasi Adipura kepada seluruh 514 kabupaten/kota.

“SIPSN ini sudah diluncurkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya pada tahun 2021 yang lalu, peninjauannya juga dilakukan melalui satelit,” ujarnya.

Untuk wilayah Kepulauan Riau, penghargaan berhasil diraih dua kabupaten dan satu kota. Untuk piala Adipura kategori Kota Kecil berhasil diraih oleh Kabupaten Bintan yang sudah beberapa tahun mampu mempertahankan Adipura.

Kemudian untuk kategori penerima piala Adipura Kota Sedang diperoleh Kabupaten Karimun dan Kota Tanjungpinang.

Kabupaten Lingga gagal mempertahankan piala Adipura. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga maupun Bupati Lingga Muhammad Nizar belum menjawab terkait kegagalan tersebut. (Jali)