Kedubes Australia Kunjungi Natuna, Silaturahmi dan Cek Kondisi Geografis

kedubes australia kunjungi natuna
Perwakilan Kedutaan Besar Australia kunjungi Kabupaten Natuna. Foto: AlurNews.com/Fadli

AlurNews.com – Perwakilan kedutaan besar (Kedubes) Australia kunjungi Kabupaten Natuna. Kunjungan itu dalam rangka silaturahmi dan cek kondisi geografis wilayah Natuna, terutama Natuna Selatan.

Duta Besar Australia yang datang berasal dari bidang ekonomi dan politik. Keduanya adalah Tim Stapleton dan Sarah Wilis. Tujuan keduanya datang ke Natuna adalah untuk memperoleh informasi dari pemerintah setempat.

Salah satunya soal bagaimana para nelayan yang ada di Natuna bisa bertahan dan memperoleh tangkapan (ikan) di laut lepas.

Baca juga: Natuna Siap Jadi Pemasok Kebutuhan Ikan di Batam

Tim Stapleton mengaku senang dapat mengunjungi Natuna untuk mengetahui situasi di wilayah perbatasan Indonesia tersebut.

“Kami ingin mengunjungi tempat-tempat di Indonesia dari Sabang sampai Maruke,” ungkapnya, Selasa (28/2/2023).

Selain itu, mereka juga sering melihat pemberitaan di media sosial terkait angkatan laut (AL) Indonesia yang sering bersengketa dengan nelayan kapal asing di wilayah zona Laut China Selatan (LCS), yang kini berganti dengan nama Laut Natuna Utara.

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan ada lima pilar pembangunan yang mesti didukung salah satunya terkait sumber daya alam. Di antaranya pariwisata, minyak dan gas.

“Pemerintah daerah tengah melakukan percepatan dan pemerataan pembangunan di pulau tingkat kecamatan dan desa untuk menyejahterakan ekonomi,” tutur Wan Siswandi. (Fadli)