Pertumbuhan Ekonomi Batam Capai 6,84 Persen, Rudi Optimistis Meningkat di 2023

pertumbuhan ekonomi batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi optimistis pertumbuhan ekonomi Batam semakin meningkat di 2023. Foto: Dok. AlurNews.com

AlurNews.com – Melalui tangan dinginnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam hingga mencapai 6,84 persen.

Pencapaian itu diketahui berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) awal tahun 2023.

Angka sebesar 6,84 persen ini, bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau (5,09 persen), dan nasional (5,31 persen).

Baca juga: Ekonomi Batam Tumbuh Menguat, Pembangunan Infrastruktur Terus Berlanjut Pada 2023

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi terus melaju. Ini kebangkitan Batam usai masa pandemi Covid-19 melanda kita,” kata Rudi, Selasa (28/2/2023).

Rudi optimistis, jika kekompakan terus terjaga di Batam, tidak menutup kemungkinan angkanya di 2023 akan jauh lebih meningkat.

“Pertumbuhan ekonomi ini bisa kita raih, karena adanya kekompakan, kolaborasi semua pihak. Baik Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan masyarakat Kota Batam,” kata Rudi yang juga menjabat Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini.

Berhasil meningkatkan ekonomi Batam hingga saat ini, Rudi juga terus menggesa peningkatan infrastruktur jalan. Selain untuk mengurai kemacetan, tujuannya juga untuk memperindah Batam yang kini memilik sebutan sebagai Batam Kota Baru.

“Untuk mempercepat ekonomi, maka pertama yang dilakukan BP Batam dan pemerintah daerah saat ini adalah dengan meningkatkan infrastrukturnya, utamanya adalah jalan-jalan utama,” kata Muhammad Rudi.

Dengan pertumbuhan ekonomi Batam 6,84 persen, otomatis Batam menjadi tulang punggung perekonomian Kepulauan Riau.

Sebelum mencapai 6,84 persen, pertumbuhan ekonomi Batam pada 2021 telah mengalami perbaikan dan tumbuh signifikan hingga 4,75 persen. (red)