Atasi Longsor Bukit Kemuning, Warga Pinjam Alat Berat

Longsor di Bukit Kemuning Batam.(foto: Nando/AlurNews.com)
Warga Bukit Kemuning Sei Beduk Tengah Membantu Operator Eskavator yang Tengah Membersihkan Material Lumput yang Terbawa Longsor.(Foto: Nando/AlurNews.com)

AlurNews.com – Guna membersihkan material tanah dan batu akibat longsor yang terjadi di wilayah Bukit Kemuning, Sei Beduk, Batam, warga bersama perangkat RT/RW, terpaksa meminjam satu unit eskavator yang dimiliki oleh salah satu perusahaan pengembang properti di wilayah tersebut.

baca juga: Longsor di Bukit Kemuning, Warga Bersihkan Jalan Gunakan Alat Seadanya

“Tindakan ini terpaksa dilakukan karena warga tidak bisa menunggu lama. Karena kami sudah menghubungi Dinas terkait, namun alat berat milik mereka katanya sedang dipakai semua,” jelas Mochamat Mustofa, anggota Komisi IV DPRD Batam saat ditemui di lokasi, Rabu (1/3/2023).

Mustofa menerangkan, sebelum melakukan pembersihan total, warga telah mengambil tindakan pencegahan yang telah dilakukan sejak, Selasa (28/2/2023) malam.

Selain meminjam alat berat, warga juga melakukan penutupan akses jalan bagi warga Perumahan Bukit Kemuning yang akan melintas.

“Tindakan awal perangkat RT/RW dan warga setempat, tadi malam langsung menutup akses jalan yang menghubungkan wilayah mereka dengan wilayah lainnya. Jaga-jaga apabila terjadi longsor susulan. Warga ganti-gantian berjaga di wilayah ini,” paparnya.